View Single Post
Old 19th October 2015, 08:23 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Tujuh Jenis Hobi yang Bisa Kamu Bisniskan

Quote:
APA hobi kamu, memasak, traveling atau lainnya? Apa kamu berpikir menjadikan hobi kamu menjadi lahan bisnis? Kenapa tidak?

Tidak jarang lho, pengusaha sukses mengawali usaha dari hobinya. Misalnya saja salah satu orang paling tajir di dunia, Bill Gates, pendiri Microsoft yang memulai bisnis dari hobinya hacking dan main komputer.

Memulai bisnis dari hobi akan membuat kamu tidak jenuh dan justru menikmatinya karena kamu menyukai untuk melakukannya dan tidak ada tekanan di sana. Melakukan segala sesuatu berdasarkan rasa suka akan memberi hasil yang berbeda jika dibanding melakukannya hanya sekadar sebagai kewajiban atau karena uang.

Nah. Berikut ini beberapa hobi yang bisa bertransformasi menjadi ladang bisnis:

1. Nonton

Jika kamu suka nonton dan membeli atau mengoleksi berbagai DVD film, bisa kok kamu jadikan bisnis. Daripada koleksimu menumpuk di rumah, kamu bisa menjual atau menyewakannya, baik dengan membuka toko atau menjualnya secara online dan menghasilkan uang.

Ide bisnis jualan DVD bekas ini lumayan menguntungkan karena orang atau pengemar film lainnya akan mencari harga lebih murah, tentu dengan kualitas masih baik dibanding beli yang baru dengan harga lebih mahal. Asalkan DVD yang kamu jual atau sewakan itu original ya alias asli, bukan bajakan.

Oh ya, kamu juga bisa kok membuka bioskop mini jika ada ruangan kosong. Kamu memang butuh investasi lebih untuk membeli televisi layar lebar dan alat kedap suara. Dengan usaha bioskop mini kamu bisa menambah dengan berjualan makanan ringan sebagai pelengkap nonton.

2. Travelling

Suka jalan-jalan di dalam maupun luar negeri secara backpaker-an atau hemat? Kamu juga bisa membuka bisnis travelling, dengan membangun sendiri atau secara waralaba.

Saat ini, travelling sudah menjadi kebutuhan kaum metropolis, yang lelah selama lima hari atau bahkan lebih bekerja untuk menghilangkan penat mereka. Travelling adalah pelarian yang sangat menghibur untuk mengembalikan semangat mereka.

Nah, melihat prospeknya yang mengiurkan, kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut dan bisa membuka bisnis agen perjalanan untuk kegiatan wisata, penyewaan, outing hingga mendaki gunung di dalam negeri hingga mancanegara. Selain berbisnis, kamu juga bisa melakukan perjalanan menyenangkan yang kamu sukai, bukan?

3. Menulis

Ketika menulis hanya sebagai hobi maka hanya kamu dan mungkin keluarga atau teman yang bisa menikmatinya. Jadilah kreatif seperti kreativitas dalam tulisanmu, dengan menjadikan hobi menulis sebagai sumber penghasilan tambahan.

Kamu bisa mengirimkan karya kamu, seperti cerita pendek (cerpen), puisi, opini atau feature ke media cetak atau online untuk mendapatkan honor atau membuat novel dan buku untuk mendapatkan royalti.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan hobi menulis yang awalnya sebagai bisnis sampingan bisa menjadi bisnis utama bagi kamu. Bisa jadi.

4. Fotografi

Jika kamu suka mengabadikan objek yang bagus dan menarik alias suka fotografi, biasanya kamu memiliki kamera DSLR atau kamera dengan resolusi canggih, yang tentunya bukan barang murah, bukan?

Nah, sayang bukan kalau hanya untuk digunakan sekadar hobi semata? Cobalah untuk membuka bisnis jasa fotografi, seperti pra-wedding, wedding, acara keluarga, organisasi kemanusiaan, kegiatan perusahaan atau lainnya. Kamu juga bisa kok menjual hasil objek foto keren kamu di website khusus yang gratis.

Baca juga: 6 Vendor Catering Terbaik di Jakarta Untuk Resepsi Pernikahan Kamu!

5. Desain

Jago desain grafis dan menyukainya? Menjadi hal yang menguntungkan buat kamu jika mampu memanfaatkannya dengan cerdas. Kemahiran kamu itu bisa dijual dengan harga yang lumayan.

Kamu bisa membuka bisnis cetak undangan, pamflet, poster, baliho atau lainnya. Kamu juga bisa membuat desain-desain tersebut tak sekadar di atas kertas tapi juga bisa di kain, dengan menjadikannya kaos, dengan desain kamu.

Kamu yang jago mendisain website, juga bisa membuka jasa pembuatan website. Kreativitas memang tak pernah mati, meski kamu berhenti, karyamu tak akan pernah pergi.

6. Memasak

Bagi kamu yang suka memasak atau kuliner, bisnis yang bisa kamu tekuni adalah membuka katering atau rumah makan. Karena urusan perut dan mulut itu, biasanya nomor wahid.

Kamu tidak perlu langsung membuka restoran besar. Jika ingin mengetahui potensi bisnis kuliner kamu, kamu bisa melakukan survei kecil-kecilan dulu, baik mengenai jenis makanan maupun target pelanggan yang bakal kamu bidik.

Ciptakan makanan yang unik atau jarang dengan rasa yang lezat dan tempat yang menyenangkan plus nyaman, strategis dan harga tak terlalu mahal, pasti bisnis kulinermu kian moncer.

7. Kerajinan Tangan

Kalau kamu suka membuat produk kerajinan tangan maka jadikan itu peluang untuk berbisnis. Tidak semua orang bisa melakukannya tapi banyak orang menyukainya, sehingga prospeknya juga cukup manis.

Misalnya, kamu hobi merajut, membuat produk dari kain flanel atau tas, miniatur automotif, lampu unik dan sebagainya, kembangkan saja dan jual, baik di toko atau online.

Kalau kamu masih membutuhkan modal untuk usaha, manfaatkan fasilitas KTA dari berbagai bank penyedia, bandingkan beberapa produk KTA sekarang, klik di sini!

Berita ini pertama kali dipublikasikan oleh:
Halo Money.co.id
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links