View Single Post
Old 20th October 2015, 09:47 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Tahun Depan, Rupiah Paling Hebat di Rp13.600

Quote:
JAKARTA - Nilai tukar Rupiah diprediksi masih akan bergejolak sampai awal tahun depan. Pasalnya, sentimen dari negara adidaya Amerika Serikat (AS) dan China masih menjadi penekan nilai tukar Rupiah.

Head Analis MNC Securities, Edwin Sebayang, mengatakan ancaman suku bunga The Fed masih menjadi hal utama tahun depan. "Ketika nanti terjadi (kenaikan suku bunga Fed), akan bergelimpangan (pasar uang)," paparnya kepada Okezone.

Selain itu, perlambatan ekonomi China juga menjadi ancaman lain. Edwin bilang, beberapa institusi internasional memprediksi ekonomi China melambat di tahun depan. Melambatnya China, bisa menjadi ganjalan bagi Indonesia karena China merupakan salah satu tujuan ekspor Indonesia.

"Kalau kita masih mengandalkan ekspor ke China terus, kita tidak bisa tumbuh tinggi kalau China mengalami perlambatan, selama dari komposisi kita masih mengandalkan ekspor," imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, ketika ekpor lemah, suplai valuta asing di Indonesia hanya tinggal mengandal kan Bank Indonesia (BI). Saat permintaan dolar naik, sudah tentu dolar akan menguat dan menekan nilai tukar Rupiah.

"Tahun depan paling hebat Rupiah di Rp13.600 per USD bukan mustahil ke Rp15.600 per USD, eksportir enggak mungkin, data ekspor kita turun," tukasnya.

Sebagai gambaran, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekspor dan impor September 2015 mengalami penurunan jika dibandingkan dengan nilai ekspor dan impor di Agustus 2015. Kepala BPS Suryamin mengatakan, ekspor September 2015 menurun 1,55 persen menjadi USD12,53 miliar jika dibandingkan nilai ekspor di Agustus 2015.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links