View Single Post
Old 23rd October 2015, 12:19 AM   #1
Sek. RT
 
Join Date: 2 Jul 2015
Userid: 4032
Posts: 27
Likes: 0
Liked 3 Times in 3 Posts
Default Apa Itu link juice

Apa Itu Link Juice? Link juice adalah istilah yang digunakan di dalam dunia SEO yang mengacu pada kekuatan otoritas inbound link "masuk" ke situs Anda. Inbound link tersebut dapat membantu situs Anda untuk menduduki peringkat baik di search engine (mesin pencari), ketika situs Anda sudah mendapatkan link juice yang cukup dan kompetitif dari kompetitor Anda. Selanjutnya, kata kunci yang digunakan dari situs pihak ketiga untuk outbound link (link keluar) ke situs Anda menggunakan istilah atau kata kunci yang sama dengan situs Anda. Dengan begitu kata kunci yang Anda target mudah terbaca oleh search engine dari berbagai sumber dan itu membantu search engine memastikan bahwa situs Anda memiliki kualitas dan relevansi untuk menempati peringkat tinggi di hasil pencarian Google, Yahoo, dan Bing.

Ada beberapa pratisi SEO yang menyaatakan bahwa link juice tidak akan lulus atau tidak di hitung apa bila tidak mendapatkan klik oleh manusia, namun ada yang menyatakan bahwa link juice tetap lulus walau tidak diklik oleh manusia. Contoh sederhana, bagaimana link spam bisa menjadi backlink padahal tidak pernah mendapatkan klik oleh manusia manapun tapi tetap terindex oleh Google. Logikanya jika link yang ditanam tersebut mendapatkan klik oleh orang itu lebih cepat terindex karena boot google mengikuti sedangkan jika link yang kita tanam tidak mendapatkan klik oleh orang itu tetap terindex tetapi sedikit lebih lama dari pada link yang mendapatkan klik oleh orang.

Lalu Bagaimana Caranya Mendapatkan Link Juice?

Ada banyak cara untuk mendapatkan linkjuice dari situs pihak ketiga melalui usaha langsung dan tidak langsung.

Usaha langsung berhubungan dengan strategi link building seperti melakukan submit di social bookmark, blogwalking, guestbook, share di media sosial, berkomentar di forum dan sebagainya.
Usaha tidak langsung diperoleh dari menyajikan konten yang berkualitas di situs Anda. Ini bukan cara yang mudah dilakukan namun cara ini terbilang jitu tanpa Anda mebangun backlink Anda mendapatkan backlink secara gratis dan berkualitas alami yang di berikan oleh pembaca situs Anda dengan ikhlas.

Lalu Bagaimana Mengukur Kekuatan Link Juice?

Tolak ukurnya dapat dilihat dari tingkat kepopuleran sebuah website tersebut, semakin populer website tersebut maka akan memiliki nilai Link Juice yang tinggi. Tingkat kepopuleran sebuah website dapat dihitung dari jumlah dan kualitas backlink yang dimiliki oleh website tersebut.

Link juice dan backlink tidak akan bernilai sama. Google melalui juru bicara Matt Cutts mengatakan, bahwa algoritma google mencari tahu backlink yang bagus dari outbound pihak ketiga itu tergantung pada popularitas halaman website dan kemudian dibagi dengan berbagai outbound link yang mengarah ke berbagai situs . Jadi, jika Anda mendapatkan inbound link dari website yang memiliki outbound link banyak akan di bagi sama rata dengan website yang di hubungkan tanpa mengurangi jumlah backlink yang dimiliki website tersebut.

Nah dari pernyataan Matt Cutts tersebut, banyak praktisi SEO yang menyimpulkan bahwa membangun backlink lebih bagus menggunakan blog dummy dari pada melalui guestbook atau forum. Itu karena blog dummy hanya akan mengarahkan ke satu link yaitu situs utama Anda, namun jika Anda membangun backlink melalui guestbook dan forum, Anda harus rela berbagi backlink dari situs yang lain.
buatblog is offline   Reply With Quote
Sponsored Links