View Single Post
Old 23rd January 2013, 04:33 PM   #2
Shin
Sek. RT
 
Shin's Avatar
 
Join Date: 21 Jan 2013
Userid: 802
Posts: 28
Likes: 0
Liked 3 Times in 3 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by admin View Post
^ wah boleh juga nich ... kerja di Singapore ... ada info2 nya nggak ?

BTw kalo ada berita2 dari KBRI Singapore juga boleh tuh di share2 di buat trit nya ...
Biar rapih, yang disitu buat memperkenalkan diri saja yang chat roomnya saya pindahkan disini ya, mas min hehe

Anyway, kalo berita2 dari KBRI Singapore sendiri jarang terdengar ya.
Mungkin untuk berita2nya bisa dilihat disini https://www.facebook.com/kbrisingapura

Kalo untuk kerja di Singapore, sebetulnya sih tidak terlalu ribet, hanya saja makin lama peluangnya makin menipis. Apalagi sekarang mau buat LPR aja uda sulit banget.


Cara yang bisa ditempuh untuk kerja di Singapore adalah sbb:

- Cari2 kerja di Jobs DB, Jobs Street, dsb, dan coba kirim CV, ya.. untung2an jg sih. Tp nevertheless, kualifikasi yang dimiliki harus sesuai yang diminta. (Disinilah letak kesulitannya . Karena pada umumnya, kualifikasi yang diminta oleh perusahaan2 di Singapore itu jauh diatas kualifikasi perusahaan2 di Indonesia). Btw, selain itu, mereka juga cenderung menginginkan sudah memiliki PR. Jadi kalo beruntung ada perusahaan yang mau terima, biasanya perusahaan tersebut akan memberikan E Pass atau S Pass seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya

- Datang langsung ke Singapore dan cari agen. Biasanya bisa dapet kerjaan profesional kecil-kecilan seperti sales (dengan gaji minim). Cuma, tetap kualifikasi juga dituntut

- Jalan-jalan ke Singapore, beli koran yang hari Sabtu, biasanya banyak lamaran disitu

- Apply LPR, bisa melalui agen LPR seperti SME. LPR itu adalah Landed Permanent Residence dimana dengan ini, kesempatan untuk mencari kerja lebih terbuka. Adapun, biaya untuk apply LPR ini tidaklah murah, bisa sekitar 11 jt an untuk Fresh Graduate dan 20 jt an untuk non fresh graduate apabila apply di SME Indonesia (di kelapa gading). Tapi, bisa juga dari SME singapore, dengan biaya SGD 800 untuk fresh graduate dan SGD 1500 untuk non fresh graduate + fee buat agentnya lagi. Apabila LPR sudah diperoleh, harus secepatnya mencari kerja dalam kurun waktu 3 bulan atau LPR tersebut akan hangus.

- Apply PR langsung di ICA, kayak kantor imigrasi singapura gitu. Kalo ga sala inget di lantai 5. Ngantrinya panjang tapi cepat . Apply PR di ICA ini free, cuma memang kalo mau diterima, biasanya mereka mau lihat kita sudah bekerja dulu di Singapore dan pekerjaannya adalah pekerjaan professional.
__________________

Forumku Forumku Forumku Forumku Forumku E V O L U T I O N Forumku Forumku Forumku Forumku Forumku
Click here to feed me!
Shin is offline   Reply With Quote