View Single Post
Old 25th October 2015, 05:14 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Jabar bangun waduk baru di antara Tasik dan Ciamis

Bandung (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membangun waduk baru yang akan mampu mengairi 40.000 hektare persawahan di wilayah selatan yakni antara Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis.

"Kami terus berupaya memperkuat ketahanan pangan, salah satunya ialah dengan cara membangun waduk baru yang dapat mendukung pasokan air bagi lahan pesawahan di Jabar," kata Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa di Gedung Sate Bandung, Senin.

Ia menjelaskan, upaya memperkuat ketahanan pangan ini adalah dengan merintis pembangunan waduk di Leuwikeris.

"Lokasi ini dipilih karena punya kondisi lahan berbentuk cekungan sehingga akan memudahkan pembangunan waduk. Tidak hanya itu debit air di lokasi ini juga cukup tinggi," kata dia.

Menurut dia, waduk baru ini sengaja dibangun di wilayah selatan Jawa Barat untuk mendukung pasokan air bagi Jawa Barat bagian timur dan selatan, terutama untuk lahan pertanian.

"Dan di dalam pembangunan waduk kami akan berkerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Dirjen Sumber Daya Air," kata dia.

Untuk saat ini, masih dalam tahap pembebasan lahan dengan alokasi dana Rp300 miliar dari APBN.

Jawa Barat menargetkan pembebasan lahan waduk ini dapat tuntas pada November 2015 agar proses pembangunan bisa langsung dilakukan pada 2016.

"Setelah pembebasan lahan maka akan segera ditenderkan," kata Iwa.














http://www.antaranews.com/berita/523..._campaign=news
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links