View Single Post
Old 27th October 2015, 05:56 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 30 Oct 2014
Userid: 2756
Location: Jakarta
Posts: 160
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Pengertian dan Fungsi Manajemen dalam Aplikasinya

Pengertian Manajemen

Kata Manajemen berasal dari bahasa inggris yaitu manage, atau dalam bahasa indonesia bisa diterjemahkan dengan kata mengelola atau mengendalikan

Pengertian Manajemen adalah suatu kegiatan mengarahkan individu lainnya untuk mencapai tujuan utama dalam suatu organisasi melalui kegiatan perencanaan, pengorganisasian, dan mengelola sumber daya manusia yang dimiliki dengan cara efisien dan efektif.


Pengertian Manajemen menurut Para Ahli

Manajemen adalah adalah suatu proses yang berbeda terdiri dari planning, organizing, actuating, dan controlling yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang ditentukan dengan menggunakan manusia dan sumber daya lainnya (George R. Terry, 1997).

Manajemen adalah suatu seni yang produktif yang didasarkan pada suatu pemahaman ilmu, ilmu dan seni tidaklah bertentangan, namun masing masing saling melengkapi (Koontz)

Ilmu Manajemen merupakan proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usaha dari anggota entitas atau organisasi dan juga mempergunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan (Stoner)

Manajemen sebagai sebuah rangkaian tindakan tindakan yang dilakukan oleh para anggota organisasi dalam upaya mencapai sasaran organisasi. prosess merupakan suatu rangkaian aktivitas yang dijalankan dengan sistematis (Wilson)

Manajemen adalah sebuah seni dalam mencapai tujuan yang diinginkan yang dilaksanakan dengan usaha orang yang lain (Lawrance A Appley)


Fungsi Manajemen

Seperti yang dikutip dalam buku “The Professional Management” oleh Louis A. Alen Fungsi utama manajemen sebagai berikut:

1. Memimpin
Tugas seorang manajer adalah agar orang lain bertindak untuk tujuan organisasi. fungsi ini meliputi mengambil keputusan; melakukan komunikasi; memberikan motivasi; memilih orang-orang; mengembangkan orang lain melalui penilaian hasil kinerja, memberikan saran dan pemberian latihan atau training.

2. Perencanaan
Perencanaan meliputi : Membuat target dan sasaran; membuat rencana urutan kegiatan yang diperlukan untuk pencapaian target; mengatur urutan waktu pelaksanaan atau time table; menyusun rencana anggaran biaya; Membuat Standard Operating Procedure (SOP) tentang pelaksanaan pekerjaan; menetapkan dan menafsirkan kebijakan-kebijakan pelaksanaan pekerjaan

3. Menyusun Organisasi
Kegiatan mengatur dan menghubungkan suatu pekerjaan sehingga dilaksanakan lebih efektif dan efisien meliputi: Desain Struktur Organisasi; Menentukan job description dari masing-masing jabatan untuk mencapai sararan organisasi; Mendelegasikan tanggung jawab dan wewenang; menetapkan pertangungjawaban untuk hasil yang dicapai; menetapkan hubungan-hubungan yang membedakan antara atasan dan staff; Mendeskripsikan hal-hal yang dianggap efektif sehubungan dengan pemanfaatan sumber daya manusia guna pencapaian sasaran.

4. Pengawasan dan Pengendalian
Melakukan pengawasan, pengendalian dan pengamatan meliputi:
perkembangan pekerjaan; pengukuran hasil pekerjaan; melakukan tindakan perbaikan dan mengoreksi kesalahan

Fungsi manajemen harus mampu menerapkannya keahlian tersebut dalam suatu kegiatan organisasi yang terpadu untuk mencapai tujuan utama perusahaan sesuai dengan prinsip dasar manajemen.


Sumber : Pengertian dan Fungsi Manajemen
Likes:(1)
ferryrinaldi is offline   Reply With Quote
Sponsored Links