View Single Post
Old 27th October 2015, 07:40 PM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 27 Oct 2015
Userid: 4471
Posts: 3
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Arrow Cara budidaya keroto dengan mudah

Kroto merupakan jenis telur semut rangrang yang sudah terbentuk larva semut. Awalnya semut rangrang yang menghasilkan kroto belum di budidayakan dan masih liar, namun karena banyak sekali di buru dan semakin langka, mengingat harga kroto yang tergolong mahal maka di buat sebuah media yang menyerupai sarang di habitat aslinya. Hasil kroto budidaya sangat baik dan berkualitas, sampai saat ini budidaya kroto masih menjadi peluang besar untuk berwira usaha rumahan.

Beternak kroto mudah sekali, anda bisa ternak sebagai usaha sampingan. Untuk memulai membudidayakannya anda harus membuat medianya, media bisa menggunakan toples atau dengan pipa. Dari kebanyakan pembudidaya media ini sering di gunakan dan fungsi serta tujuannya yang sama.

Cara lengkap budidaya kroto mudah dan benarBerikut adalah bahan yang anda butuhkan :

1 Buah Toples 10 Liter = Rp 13.000
1 Buah Nampan plastik diameter agak besar = Rp 7.000

Membuat lubang pada toples

Buat 1 lubang berukuran 7 cm di bagian bawah toples.
Letakan nampan plastik berposisi datar.
Isi air pada nampan plastik hingga 1/2 bagian nampan.
Siapkan bata atau batu datar untuk menompang toples yang di letakan di tengah nampan.

Cara lengkap budidaya kroto mudah dan benarBibit kroto
Ada banyak penjual bibit kroto, jika anda berminat untuk membeli di sarankan di lihat dulu produksi dari penjual yang menawarkan bibit, karena ada jenis kroto yang sudah menurun produksinya dan di jual sebagai penghasil kroto mini. Kemudian cara yang lain untuk menghasilkan bibit anda bisa menangkapnya di hutan atau mengandalkan jasa orang untuk menangkap semut rangrang di hutan.

Cara pengerjaan
Setelah tempat media hidup semut sudah siap di huni, pastikan semut pada keadaan tenang terlebihdahulu di dalam wadah toples yang tertutup lakban tujuanya agar semut tidak mudah kabur, kemudian letakan toples yang berisi semut kroto ke bagian tengah nampan yang sudah kita siapkan yang kemudian kita buka penutup dan lakbanya. Biasanya dalam pengerjaan ini semut kroto sangat terganggu dan wajar jika anda di gigit dan di rayapi ribuan semut, semut akan keluar bebas dan berlarian dengan bebas namun tidak pada garis air yang kita isi. Jika kita membeli bibit dari pembudidaya mungkin tidak seganas seperti semut yang baru di ambil dari hutan.

Baca selengkapnya >>>>
Zain Zi is offline   Reply With Quote
Sponsored Links