View Single Post
Old 28th October 2015, 03:36 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 4 Oct 2014
Userid: 2645
Posts: 394
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Thumbs up Tips Mencegah Osteoporosis

Mengenal tanda-tanda tulang keropos serta melakukan pencegahan adalah hal yang wajib kita ketahui jika tidak ingin mengalami tulang keropos. Tulang keropos atau yang dalam ilmu medis disebut dengan osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunya sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat menimbulkan kerapuhan tulang. Tulang keropos ditandai dengan hilangnya kepadatan tulang sehingga tulang mudah patah serta tidak tahan dengan benturan ringan.

Tulang keropos biasanya lebih rentang menyerang orang-orang yang telah berusia antara 30 sampai 4 tahun,itu karena kecepatan pembentukan dan hilangnya sel tulang hampir seimbang. Kecapatan pembentukan tulang semakin menurun, akibatnya jumlah sel tulang semakin sedikit, sehingag rawan terjadi osteoporosis. Namun kini penyakit osteoporosis atau tulang keropso tidak hanya menyerang orang-orang yang berusia sekitar 30 samoai 40 tahun, namun uisa mudah antara 20 tahunan juga bisa mengalami tulang keropos karena kekurangan kasium.

Itulah penjelasan sekilas mengenai tulang keropos. Anda tidak ingin mengalami tulang keropos ? maka dari itu, lakukanlah pencegahan sejak dini sebelum tulang keropos tersebut menyerang anda. Nah untuk mencegah tulang keropos, dibawah ini ada beberapa cara yang mampu mencegah tulang keropos :
  1. Makanlah makanan sehat yang mampu membuat kepadatan tulang terjaga. Makanan yang mampu menjaga tulang diantaranya kacang-kacangan, telur dan ikan.
  2. Kurangilah makanan yang banyak mengandung garam. Hal ini karena garam akan meningkatkan pengeluaran kalsium melalui keringat dan urine.
  3. Makanlah makanan yang mengandung kalsium dan vitamin K seperti susu rendah lemak, keju dan sayuran hijau.
  4. Kontrol berat badan karena kelebihan berat badan sering dikaitkan dengan tulang keropos.
  5. Lungkanlah waktu untuk berolahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan tulang.
  6. Berhentilah merokok karena merokok dapat menghambat pemulihan tulang keropos.
  7. Waspada terhadap obat-obatan yang dikonsumsi terutama golongan kortikosteroid yang digunakan dalam jangka waktu panjang.
  8. Hindari diet ektrim karena diet ektrim bisa membuat peluang wanita mengalami tulang keropos semakin besar.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah tulang keropos. Ingat, mencegah itu lebih baik dari pada mengobtai. Oleh sebab itu sebelum tulang keropos menyerang anak, anda harus melakukan pencegahn mulai dari sekarang.
feranurjanah is offline   Reply With Quote
Sponsored Links