View Single Post
Old 31st October 2015, 03:10 PM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 11 Jun 2015
Userid: 3942
Age: 25
Posts: 97
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Harga Gitar Akustik dan Tips Merawat Gitar Akustik

Harga Gitar Akustik dan Tips Merawat Gitar Akustik tips merawat gitar akustik yang saya dapatkan dan saya lakukan saat ini. Bagi kamu yang tidak punya gitar setidaknya bisa menjadi bahan pengetahuan. Perawatan gitar bisa dibilang tidak rumit, asalkan telaten dan rajin dibersihkan, maka gitar yang kita punya akan selalu seperti baru.

Ciri Ciri Gitar Akustik Yang Bagus
1. Gitar akustik yang baik, ada thrust bolt sepanjang leher gitar yang bisa disetel ketagangannya untuk mencegah leher gitar bengkok (cekung/cembung).
2. Gitar Akustik senar ke 6,5 dan 3 terbuat dari nylon. Kalau permakaian sudah lama akan terjadi lekukan akibat tertekan dengan fret gitar. kalu ini terjadi maka senar perlu diganti. sedangkan yang logamnya senar 1, 2 dan 3 yang dari logam bisa lebih lama penggantianya..kira2 2 banding 1 dengan senar nylon.
3. Gitar bisa disipan dalam gitar stand

Berikut ini tips merawat gitar akustik agar gitar yang kita punya tetap awet dan tahan lama.
1. Simpan Gitar di Tempat Aman

Sebaiknya taruh gitar ditempat yang aman dan terjaga dari kelalaian. Misalnya jangan taruh gitar secara berdiri dan bersandar di tembok karena bisa saja gitar tersebut jatuh dan lecet. Jangan tempatkan gitar di lantai karena bisa saja gitar kamu terinjak dan patah. Sebaiknya taruh gitar kamu di tempat yang aman dan terjaga dari kondisi berbahaya. Sebaiknya juga tempatkan gitar di hard case sehingga walaupun jatuh tepat aman dan tidak mudah rusak. Biasanya semakin mahal harga gitar akustik maka akan semakin tahan lama.

2. Jaga Suhu dan Kelembaban Udara

Suhu dan kelembaban dapat membuat gitar cepat rusak dan kehilangan "suara" nya. Kedua hal tersebut dapat membuat gitar menjadi lapuk dan umurnya cepat berkurang. tempatkan gitar di tempat yang suhunya stabil dan terjaga. Sebaiknya jangan ditaruh digudang karena biasanya suhu di tempat itu kurang baik. Jauhkan juga dari debu dan kotoran yang dapat membuat gitar menjadi cepat kotor.

3. Bersihkan Gitar Secara Rutin

Membersihkan gitar merupakan hal yang penting. Selain itu juga harus dilakukan dengan teratur dan berkala. Sebaiknya bersihkan gitar seminggu sekali walaupun gitar tersebut tidak kita gunakan. Kamu bisa menggunakan lap kacamata untuk membersihkan gitar. Tempat yang wajib dibersihkan adalah body dan leher dari gitar. perhatikan juga kepala gitar karena disini biasanya paling mudah karatan.

4. Kendurkan Senar

Kendurkan senar gitar jika gitar punya kamu tidak dimainkan dalam waktu yang lama. Senar yang terlalu kencang akan membuat leher gitar tertarik dan bisa bengkok. Sebaiknya memakai pelindung leher gitar supaya lebih kuat dan tahan terhadap tarikan senar.

5. Gunakan Senar yang Baik

Pilihlah senar yang bagus dan baik kualitasnya. Dengan senar yang baik akan membuat leher gitar lebih nyaman dan tahan lama. Senar yang jelek selain dapat menyebabkan leher gitar rusak juga dapat melukai tangan kita sendiri saat bermain.
Refrensi : Harga Gitar Akustik
__________________
Menulis adalah salah satu cara saya bertahan akan rasa lupa dalam diri, beberapa coretan saya ada di blog : Katalog Harga Promo - Cara Bermain Gitar - Contoh Surat Lamaran Kerja dan Model Rambut Terbaru
Danker is offline   Reply With Quote
Sponsored Links