View Single Post
Old 3rd November 2015, 10:44 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Kaltara Bersiap Bangun Berbagai Infrastruktur

TARAKAN, KOMPAS.com - Kalimantan Utara (Kaltara) kini tengah berbenah. Semenjak berdiri menjadi provinsi sendiri di wilayah Kalimantan, Kaltara membutuhkan banyak fasilitas infrastruktur, di antaranya jalan darat, bandar udara, jembatan, dan pelabuhan.

Salah satu fasilitas paling penting adalah jalan darat perbatasan yang memisahkan wilayah Kaltara dengan Malaysia. Wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan saat ini terbentang sekitar 1.840 kilometer. Jumlah itu mencakup Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kaltara sepanjang 1.035 kilometer serta Kalimantan Barat (Kalbar) 805 kilometer.

Pembangunan jalan perbatasan itu tercantum dalam "10 Aspirasi Kaltara dalam Pembangunan Infrastruktur". Dalam aspirasi tersebut, pembangunan jalan perbatasan meliputi beberapa wilayah.

"Saat ini sedang dalam pembangunan jalan meliputi kecamatan Tou Lumbis-Labang-Binter yang langsung ke perbatasan Sabah," kata Kepala Dinas PUPR Kaltara, Suheriyatna, di Tarakan, Rabu (28/10/2015).

Selain jalan, Dinas PUPR Kaltara juga hendak melakukan peningkatan terhadap Bandara Tanjung Harapan di Tanjung Selor, ibu kota Kaltara. Peningkatannya akan meliputi perpanjangan landasan pacu pesawat.

"Sekarang Bandara Tanjung Harapan punya landasan pacu sepanjang 1.400 meter. Kita mau buat jadi 2.500 meter supaya bisa mendaratkan pesawat jenis Boeing. Urgensinya adalah karena Tanjung Selor sekarang sudah jadi ibu kota Kaltara sesuai dengan Undang-Undang No 20 Tahun 2012 pasal 7," jelas Suheriyatna.

Meski begitu, proses peningkatan itu masih terganjal beberapa masalah. Salah satunya adalah berbenturan dengan jalan nasional. Menanggapi hal tersebut, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, justru akan mendukung peningkatan bandara Tanjung Harapan.

"Bagus itu, nggak masalah, kalau perlu nanti jalan nasional itu kita ubah jadi underpass supaya peningkatan bisa dilakukan," ucap Basuki.

Sayangnya, hingga kini, "10 Aspirasi Kaltara dalam Pembangunan Infrastruktur" yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Kaltara belum ada yang masuk ke pusat. Kementerian PUPR masih melihat dan mempelajari kawasan-kawasan yang termasuk dalam lokasi pembangunan dalam program tersebut.
















http://properti.kompas.com/read/2015....Infrastruktur
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links