View Single Post
Old 4th November 2015, 07:32 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Cukai Rokok Naik 11% Tahun Depan

Quote:

JAKARTA - Pemerintah menetapkan besaran kenaikan tarif cukai 2016 mendatang sebesar 11 persen. Hal ini untuk memperkuat pengawasan mengingat maraknya produk rokok ilegal di Indonesia.

"Khusus cukai akan dikeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk tarif cukai tahun depan rata-rata naiknya 11 persen," ujar Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang PS Brodjonegoro di Gedung Ditjen Pajak, Selasa (3/11/2015).

Sementara itu, ditempat yang sama, Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi menyatakan kenaikan tarif tersebut tidak lantas diberlakukan bagi semua jenis rokok. Akan ada pembedaan tarif cukai bagi rokok Sigaret Kretek Tangan (SKT), Sigaret Kretek Mesin (SKM) dan SPM (rokok putih).

"Yang jelas untuk SKT golongan III B itu tarif cukainya 0 persen. Itu untuk mendukung industri labor intensive (padat karya). SKT pasti lebih rendah dari SKM dan SPM,"paparnya.

Heru melanjutkan, keputusan pemerintah untuk menaikkan tarif cukai tersebut gun memperkuat fungsi kontrol atau pengawasan terkait mekanisme pembatasan tarif. Sebab, produk rokok ilegal masih menjamur di pasaran.

"Kita harus kembali ke fungsi cukainya, kontrol mekanisme pembatasan tarif. Dan tadi pagi ada penindakan cukai, ada statement dari asosiasi omzet mereka ada kenaikan. Jadi kita memang secara maraton dan massive di semua penindakan, sehingga produk yang ilegal bisa diisi ilegal," paparnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links