View Single Post
Old 7th November 2015, 02:20 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 26 Aug 2014
Userid: 2460
Posts: 281
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Pengertian, Penyebab Serta Gejala Penyakit Gondok

Gondok atau dalam bahasa latin disebut struma atau disebut juga penyakit kelenjar tiroid merupakan pembengkakan yang terjadi di leher (dibawah jakun atau laring) hal ini dikarenakan kelenjar tiroid yang membesar.

Kelenjar tiroid berfungsi untuk memproduksi hormon tiroid yang bertugas dalam menstimulasi metabolisme dari sel-sel di tubuh. Pada umumnya, penyakit ini sering menyerang laki-laki dan apabila tiroidnya sudah diangkat maka ia harus mengkonsumsi obat seumur hidup karena tidak ada lagi yang bisa memproduksi hormon tiroid didalam tubuh.

Penyebab dan gejala penyakit gondok
Penyakit gondok jenis hipotiroid disebabkan oleh penyakit hipofisis, obat-obatan, penghancuran tiroid dan kekurangan yodium berat. Jenis penyakit ini ditandai dengan munculnya rasa kelelahan, depresi, tidak toleransi terhadap dingin, kulit dan rambut yang kering, tingkat kolesterol meningkat, denyut jantung menurun, konstrasi menurun dan rasa sakit atau nyeri yang samar-samar.

Sedangkan pada jenis penyakit hipertiroid disebabkan oleh adanya penyakit graves, pengeluaran yang abnormal dari TSH (thyroid stimulating hormone), tiroiditis (peradangan kelenjar tiroid) dan konsumsi yodium berlebih. Jenis penyakit gondok hipertiroid ini ditandai dengan munculnya keringat berlebih, berat badan menurun, gemetaran, gelisah, ketidaktoleran terhadap panas, mudah lelah, konsentrasi berkurang, mata melotot (seperti mau keluar) dan menstruasi yang tidak teratur atau sedikit.

Itulah pengertian, penyebab serta gejala penyakit gondok yang harus anda ketahui dan waspadai. Semoga dengan adanya artikel ini membantu anda dalam mendapatkan penanganan terhadap gejala yang mungkin saja itu penyakit gondok.
ayuanggraeni is offline   Reply With Quote
Sponsored Links