View Single Post
Old 9th November 2015, 08:45 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Normalisasi Pasokan, PLN Bangun 7 Menara Darurat di Kalteng

Jakarta - PT PLN (persero) membangun menara (tower) listrik darurat guna menormalkan pasokan listrik dari Kalimantan Selatan ke Kalimantan Tengah sebesar 40 Megawatt (MW). Pasalnya, tujuh menara listrik di Kecamatan Jekanraya, Palangkaraya roboh akibat hantaman angin kencang pada 7 November kemarin.

Pelaksana tugas Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN, Bambang Dwiyanto, mengatakan, PLN mengerahkan tim khusus dari berbagai daerah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Jawa Barat untuk membangun tujuh tower darurat.

"Diharapkan dalam waktu lima hari sejak sekarang dapat segera beroperasi sementara menggantikan menara yang roboh. Hingga tadi malam, sebanyak 108 orang tim gabungan PLN mengerjakan tujuh menara darurat," kata Bambang dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin (9/11).

Bambang menuturkan, menara darurat dibangun di samping tower yang roboh. PLN berharap, dukungan masyarakat dan pihak terkait di Kecamatan Jekanraya Palangkaraya untuk turut memperlancar pelaksanaan pembangunan tower darurat.

"Kepada para pihak yang lahan atau tanamannya terkena pembangunan tower darurat mohon dapat mengijinkannya," ujarnya.

Selain itu, PLN menghimbau kepada pelanggan di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah yang sedang tidak terkena pemadaman listrik untuk mematikan dua buah lampu yang tidak digunakan. Hal ini sangat signifikan mengurangi kekurangan daya listrik yang terjadi akibat tower transmisi roboh. Saat ini beban puncak listrik di Kalimantan Tengah sebesar 95 MW. Sekitar 40-45 MW beban tersebut dipasok dari Kalimantan Selatan melalui jaringan transmisi Banjarmasin Palangkaraya.

Seperti diketahui, hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Sabtu (7/11) malam mengakibatkan robohnya tujuh tower transmisi listrik yang berkolakasi di Kecamatan Jekanraya, Palangkaraya. Ke tujuh menara tersebut yakni tower nomor 359, 360, 361, 362, 363, 364, dan 365. Untuk itu, PLN mohon maaf yang sebesar-besarnya atas pemadaman tersebut. Saat ini PLN sedang berusaha untuk segera mengatasi gangguan yang terjadi.

Menurut kepala BMKG Palangka Raya, I Wayan Mustika Kasmet, kecepatan angin yang terjadi pada Sabtu Malam mencapai 61.2 km/jam, akibat dari pergerakan awan comulu nimbus disertai tekanan arus angin kebawah yang sangat kuat.
















http://www.beritasatu.com/ekonomi/32...i-kalteng.html
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links