View Single Post
Old 11th November 2015, 11:33 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default DKI Akan Benahi Infrastruktur Kepulauan Seribu

Jakarta-Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membenahi infrastruktur di Kabupaten Kepulauan Seribu. Sehingga, Kepulauan Seribu bisa menjadi destinasi wisata yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan salah satu infrastruktur yang akan dibenahi di Kepulauan Seribu adalah infrastruktur transportasi. Hingga saat ini, infrastruktur transportasi ke Pulau Seribu masih dirasakan sangat kurang. Selain itu, kalau pun tersedia, belum dapat memenuhi syarat keamanan dan kenyamanan para wisatawan.

"Kita lagi benahi total infrastrukturnya. Salah satunya penyeberangan ke sana, keberadaan kapal ferrynya, dermaganya. Ke depan bisa kita integrasikan dengan LRT," kata Djarot seusai bertemu dengan Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta di Balai Kota DKI, Jakarta, Selasa (10/11).

Selain itu, pihaknya juga akan mengembangkan Pulau Seribu menjadi tempat meeting, insentif, convention dan exhibition (MICE). Sehingga, banyak orang dapat melakukan kegiatan pertemuan, pameran dan lainnya di Pulau Seribu.

"Data menunjukkan wisatawan yang datang ke Jakarta itu selalu terkait dengan persoalan MICE. Makanya kita harus kembangkan MICE itu. Ini juga menyangkut infrastruktur," ujarnya.

Semua infrastruktur tidak akan berarti bila tak didukung dengan daya listrik yang memadai. Sampai saat ini, listrik di Pulau Seribu masih kurang memadai karena Perusahaan Listrik Negara (PLN) kesulitan memasok listrik ke kabupaten termuda di Jakarta ini.

Untuk memenuhi kebutuhan listrik tersebut, lanjutnya, Pemprov DKI mulai melirik menggunakan solar cell.

"Nah masalah listrik, kalau PLN nggak bisa menjangkau, ya kita bisa kembangkan solar cell di sana. Mau enggak mau. Itu salah satu yang paling memungkinkan," tuturnya.

Setelah infrastruktur sudah siap, disinilah peranan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI diperlukan. Yakni, membuat tujuan wisata Kepulauan Seribu dengan mempromosikan pulau-pulau yang dapat dikunjungi wisatawan.

"Terus tujuan wisatanya. Pulau-pulau yang bisa kita ekspose di sana apa. Misalnya Pulau Onrust menyimpan sejarah luar biasa. Kita juga harus menyiapkan masyarakat di sana. Supaya betul-betul masyarakat siap menerima wisatawan," terangnya.

Kemudian juga mendidik wisatawan untuk menjaga lingkungan tempat-tempat wisata di Kepulauan Seribu. Agar tetap asri, lestari, dan tidak rusak.

"Kita harus menyiapkan wisatawan bisa menjaga lingkungan. Karena bahaya, kalau banyak orang bisa merusak lingkungan disana. Padahal disana sudah mulai ditanami Mangroe dan terumbu karang," ungkapnya.















http://www.beritasatu.com/megapolita...an-seribu.html
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links