View Single Post
Old 12th November 2015, 03:15 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default DKI Gandeng Pertamina Jajaki Bangun PLTG di Pulau Seribu dan Marunda

Jakarta- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) akan membangun infrastruktur energi, terutama konversi minyak ke gas, energi baru, dan terbarukan. Hal tersebut direalisasikan dengan penandatanganan kerja sama antara DKI dan Pertamina yang dilaksanakan di Kantor Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Selasa (14/7). Penandatanganan dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dengan Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto.

Salah satunya adalah pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) yang akan dilakukan oleh Pertamina dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI, PT Jakarta Propertindo (Jakpro). "Kita ke depan harus banyak masuk ke bidang gas dan listrik. Jadi perlu waktu. Itu kerja sama Jepang juga, 2-3 tahun (waktu pembangunan). Kita juga ingin bangun di Pulau Seribu, yaknni Pulau Damar" kata Basuki di Kantor Pertamina, usai penandatanganan. Basuki mengatakan, Pulau Seribu dipilih karena dapat menunjang sektor pariwisata dan perikanan.

Selain di Pulau Seribu, kawasan Marunda, Jakarta Utara juga menjadi salah satu lokasi untuk dibangun PLTG. "Pembangunan PLTG di sana menjadi salah satu prioritas yang harus dikerjakan untuk dapat menyuplai kebutuhan listrik ke DKI," kata Basuki.

Sementara itu, Dirut Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, perseroan sedang menjajaki lokasi yang tepat sebelum dilanjutkan ke tahap desain. "Jadi itu kurang lebih butuh 2-3 tahun. Pas proyek Mass Rapit Transportation (MRT) dan sebaganya selesai," katanya.

Kapasitas PLTG kata Dwi akan disesuaikan dengan lokasi masing-masing. Pembangunannya dilaksanakan secara bertahap, tergantung kesiapan. "Kalau berapa investasinya bisa cukup besar, tapi nanti pelaksanaannya bertahap," katanya.

Ia menargetkan pembangunan PLTG dimulai tahun depan dengan masa konstruksi selama dua tahun.

Selain rencana pembangunan PLTG, kerja sama DKI dan Pertamina ini juga mencakup sarana penunjang kebutuhan transportasi Light Rapid Transit (LRT), penyelesaian masalah aset milik Pertamina untuk pembangunan rumah susun (rusun), serta pemasangan jaringan pipa gas di rusun-rusun DKI.















http://www.beritasatu.com/megapolita...n-marunda.html
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links