View Single Post
Old 19th November 2015, 12:16 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Kementerian PU dan PR Tambah 3.000 Hexaposd di Bendung Katulampa

Bogor - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU dan PR) berencana menambah beton pemecah arus atau hexapods di dasar Bendung Katulampa. Beton seberat dua ton dengan diameter sekitar dua meter dianggap penting untuk memperlambat laju air dan menahan kontruksi bangunan bendung.

Kepala Satuan Non Vertikal Tertentu, Pelaksanaan Jaringan Sumber air, Kemen PU PR Puji Sutarto saat berkunjung ke Bendung Katulampa menuturkan, sebanyak 1.500 beton pemecah arus sudah terpasang pada 2013 lalu.

"Hexapods yang sudah terpasang dua tahun lalu sebagian sudah ada yang hancur dan terbawa arus sungai. Kami akan usulkan untuk menambah 3.000 buah hexapods di Bendung katulampa," katanya Rabu (18/11).

Puji menilai dilihat dari luas bendung mulai dari jatuhan air hingga batas genangan bendung sepanjang 50 meter dibutuhkan sekitar 6.000 beton pemecah arus dan dibutuhkan anggaran sebesar Rp 12 miliar.

Adapun fungsi dari beton pemecah arus, lanjut Puji, diperlukan untuk mempelambat saat arus Sungai Ciliwung meluap dari hulu di Puncak menuju hilir di Jakarta. Selain itu, beton juga diperlukan guna mempertahankan konstruksi bangunan bendung dari jatuhan air yang cukup deras.

"Dalam status siaga III luapan air mencapai bisa mencapai 90.000 liter perdetik hingga Siaga I luapan air bisa lebih dari 477.000 liter per detik. Jika di bandung ini tidak ada beton pemecah arus, bisa berbahaya. Karena laju arus air bisa cepat dan jatuhan air di bendung juga dapat merusak konstruksi bangunan bendung," jelasnya.

Selain diberikan berikan beton pemecah arus di Bendung Katulampa, Kemen PU dan PR juga berencana melakukan pemasangan tanggul (talud) dan perbaikan jembatan di Kebun Raya Bogor.















http://www.beritasatu.com/aktualitas...katulampa.html
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links