View Single Post
Old 28th November 2015, 02:20 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 4 Oct 2014
Userid: 2645
Posts: 394
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Thumbs up Mengenal Penyakit Gagal Ginjal Secara Rinci

Ginjal merupakan bagian dari tubuh yang memiliki fungsi fital bagi manusia. Ginjal merupakan organ ekskresi yang berbentuk mirip kacang. Fungsi dari ginjal itu sendiri adalah menyaring kotoran(terutama urin) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Pada manusia normal, terdapat sepasang ginjal yang terletak dibelakang perut atau abdomen. Pada orang dewasa, ginjal memiliki ukuran 11 cm dan ketebalan 5 cm dengan berat sekitar 150 gram.

Seperti yang telah saya katakan tadi bahwa fungsi dari ginjal adalah menyaring kotoran dari darah dan membuangnya berasam dengan air dalam bentuk urin. Apabila ada gangguan di sistem penyaringan ginjal, maka ginjal tidak bisa berfungsi sebagai organ filter racun sehingga terjadi penimbunan racun didalam glomerulus. Penumpukan ayng terjadi ini bisa menjadi kerusakan ginjal diorgan ginjal, dan kerusakan tersebut akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan pada ginjal seperti gagal ginjal.

Arti Gagal Ginjal :

Gagal ginjal (renal failure)adalah salah satu masalah kesehatan yang terjadi di ginjal. Dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan dan penurunan tersebut terus meningkat hingga akhirnya sama seklai tidak mampu menyearing dan membuang elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia serta memproduksi urin.

Penyebab Gagal Ginjal :

Terjadinya gagal ginjal disebabkan oleh beberapa penyakit serius yang di derita oleh tubuh yang mana secara perlahan-lahan berdampak pada kerusakan organ ginjal. Adapun beberapa penyakit yang sering kali berdampak kerusakan ginjal diantaranya :
  1. Adanya sumbatan pada saluran kemih.
  2. Kelainan autoimun seperti lupus.
  3. Rusanya penyaring pada ginjal.
  4. Tekanandarah tinggi.
  5. Diabetes melitus.
  6. Kelinan ginjal.
  7. Kanker.

Jenis Jenis Gagal Ginjal

Banyak orang yang tidak mengetahui dengan jelas mengenai penyakit gagal ginjal ini, kebanyakan mereka hanya mengerti bahwa gagal ginjal merupakan sebuah bentuk kerusakan ginjal, pada ada 2 jenis diagnosa dari gagal ginjal yang belum orang-orang kethaui. Jenis-jenis apakah itu ? gagal ginjal terbagi kedalam 2 jenis yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis.


Gagal ginjal akut (GGA) atau Acute Renal Failure (ARFF) terjadi ketika ginjal tiba-tiba berhenti menyaring produks limbah dari darah. Sedangkan gagal ginjal kronis (GGK) atau Chronic Renal Failure (CRF) berkembang perlahan-lahan dan berangsir memberat dengan sedikit gejala pada tahap awal.

Gejala Gagal Ginjal :

  1. Mudah ngantuk.
  2. Tekanan darah tinggi.
  3. Tubuh mudah cape dan lemas.
  4. Gatal-gatal utamanya didaerah kaki.
  5. Kencing berubah warna dan berbusa.
  6. Kehilangan nafsu makan, mual dan muntah.
  7. Bengkak pada kaki dan pergelangan tangan.
  8. Sering banguan tengah malam karena ingin kencing
  9. Kencing terasa kurang dibandingkan dengan biasanya..
  10. Nafas bau karena adanya kotoran yang mengimpul di rongga mulut.


Itulah arti, penyebab, jenis dan gejala gagal ginjal. Gagal ginjal memang tidak menular, tetapi menimbulkan kematian. Karenanya peningkatan kesadaran dan deteksi dini akan mencegah komplikasi penyakit ini menjadi kronis. Dan untuk anda yang sudah terlanjur mengalami gagal ginjal, anda tak perlu putus harapan karena masih banyak cara yang bisa anda lakukan seperti rajin mengkonsumsi obat gagal ginjal.


Sumber dari http://www.camisetas-asimetrica.com/...ara-rinci.html
feranurjanah is offline   Reply With Quote
Sponsored Links