View Single Post
Old 5th December 2015, 07:16 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 4 Oct 2014
Userid: 2645
Posts: 394
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Thumbs up Cara Atasi Anak Susah Makan

Anak susah makan merupakan masalah yang sering dikeluhkan oleh kebanyakan orangtua. Anak yang susah makanan biasanya disibukkan dengan rasa ingin tahu tentang lingkungan sekitarnya sehingga merek banyak beraktivitas dan lebih tertarik pada hal-hal baru daripada makan. Ditambah lagi anak lebih suka jajan dibandingkan makan nasi dan sayuran. Dan tentu hal tersebut juga akan membuat para orangtua jengkel.

Umumnya, masalah anak susah makan muncul ketika anak memasuki usia tahun pertama dan balita, Menyadari beragam masalah akan muncul, terutama soal kecukupan gizi anak, tentunya membuat para orangtua khawatir. Apalagi masa anak-anak adalah masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Lantas apa yang harus dilakukan oleh para orangtua untuk mengatasi anak yang sasah makan ? para orangtua bisa melakukan beberapa cara ampuh untuk atasi susah makan pada anak berikut ini.

1. Memahami selera makan anak
Yang perlu diperhatikan pada saat memberikan makan anak, anda jangan sekali-kali memaksakan anak untuk makan bila tidak lkapar. Bila anda melakukan hal ini, maka meeka semakin tidak mau makan.

2. Sajikan makanan variasi baru
Ketika anak tidak memiliki selera makan, maka para orangtua bisa mencoba dengan variasi baru. Kecendrungan anak biasanya menyukai sesuatu yang baru dan belum pernah dirasakannya.

3. Sajikan makanan dalam porsi kecil
Ingat, lambung anak belum mampu menampung makanan terlalu banyak, jadi sebaiknya para orangtua memberikan anak makan dengan porsi kecil. Dan jangan memaksa anaka untuk menghabiskan makanan dengan porsi berlebihan.

4. Mengurangi jajan di luar
Sebisa mungin kurangi anak untuk selalu jajan di luar, karena terlalu banyak jajan akan membuat anak menjadi kenyang sehingga anak akan kehilangan nafsu untuk makan.

5. Buat waktu makan menjadi mengenyangkan
Buat waktu makan yang menyenangkan, jangan ancam atau sakiti anak agar mau makan. Karena hal itiu justru membuat anak berfikir bajhwa makan merupakan sesuatu yang menakutkan. Dan juga jangan memberikan janji agar anak mau makan.

6. Libatkan anak saat membuat makanan
Sata para orantua membuat makanan untuk si anka, sebaiknya ajak juga anak untuk mempersiapkan makanan untuknya. Karena secara psikologis hal ini akan membuat anak merasa memiliki dan nyaman dengan makanan yang mereka siapkan.

7. Buat jadwal makan anak
Para orangtua bisa mengatur waktu kapan anak makan. Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah mengatur jadwal makan besar sehari 3 kali dan usahakan juga anak mendapatkan makananringan yang menyehatkan.

8. Hindari makana pembuka
Makanan pembuka seperti makanan yang manis sebaiknya tidak diberikan pada anak saat hendak makan. Karena makanan pembuka akan membuat perut si anak menjadi kenyang dan akhirnya tidak mau makan.

9. Jangan berikan anak makanan cepat saji
Makanan cepat saji sebaiknya tidak diberikan kepada anak karena makanan cepat saji atau makanan olahan tidak memberikan nutrisi apa-apa bagi anak, malah akan menghambat nutrsi si anak.

10. Meminimalkan gangguan
Pada saat jadwal makan anak tiba, segera meminimalkan semua gangguan seperti mematikan televisi, menjauhkan mereka dari mainannya dan lain sebagainya. Karena dengan semua gangguan tersebut akan membuat anak susah makan.

11. Berikan contoh
Tahukah anda bahwa apa yang dilakukan orangtua pasti akan ditiru oleh anak. Jadi lakukanlah hal-hal yang baik seperti mengkonsumsi makanan yang sehat agar dituruti oleh si anak.

Itulah beberapacara yang bisa para orangtua praktikan untuk mengatasi anak yang susah makan. Dan apabila cara-cara diatasi tidak membuahkan hasil, maka segeralah bawa anak ke dokter.


Sumber dari : http://tawesherbal.blogspot.co.id/
feranurjanah is offline   Reply With Quote
Sponsored Links