View Single Post
Old 6th December 2015, 05:08 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 30 Oct 2014
Userid: 2756
Location: Jakarta
Posts: 160
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Obligasi - Peluang Investasi paling Aman Untuk Investor Pemula



Investasi Obligasi
Obligasi merupakan salah satu sertifikat yang berisi kontrak antara investor dan perusahaan dengan nilai nominal (nilai pari/value), yang menyatakan bahwa investor tersebut atau pemegang obligasi telah memberikan pinjaman sejumlah dana kepada pihak perusahaan.

Perusahaan yang menerbitkan obligasi memiliki kewajiban untuk membayar sejumlah bunga secara reguler sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan dalam perjanjian serta mengembalikan pokok pinjaman pada saat jatuh tempo.

Ada beberapa penerbit obligasi antara lain yang diterbitkan oleh perusahaan disebut Corporate Bond, dan obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah dinanamakan Government Bond. Municipal Bond, yang merupakan obligasi yang diterbitkan pemerintah daerah yang dialokasikan untuk mendanai proyek strategis tertentu di daerah.


Jenis-Jenis Obligasi

a. Obligasi Jangka Pendek
Obligasi yang jatuh tempo dibawah 1 tahun dengan tingkat likuiditas yang tinggi. Efek surat utang ini dikenal juga dengan Efek Pasar Uang. Contoh produk jangka pendek antara lain SBI, Time Deposit, NCD, Promisory Note (PN), serta obligasi lainnya jatuh tempo dibawah 1 tahun.

b. Obligasi Jangka Menengah
Obligasi jatuh tempo antara 1-5 tahun. Contoh produknya antara lain Medium Term Note, Sekuritas Kredit, dan lainnya.

c. Obligasi Jangka Panjang
Obligasi jatuh tempo diatas 3-5 tahun. Salah satu perusahaan di Indonesia yang menerbitkan surat utang dengan Jangka waktu paling lama yaitu 30 tahun adalah perusahaan Indosat.


Manfaat Utama Obligasi

Manfaat utama yang memberikan daya tarik investor untuk menginvestasikan dananya pada obligasi, antara lain:
  • Risiko kredit bisa diprediksi di awal;
  • Obligasi dapat diperjualbelikan di pasar kapan saja sesuai keinginan dari investor selama harga yang ditawarkan sesuai dengan harga pasar;
  • Arus Kas untuk jangka panjang;
  • Suku bunga obligasi lebih tinggi daripada deposito;
  • Jika memiliki Obligasi Konversi, investor dapat mengkonversikan obligasi mereka menjadi saham;
  • Hak Klaim Pertama, jika perusahaan penerbit obligasi dilikuidasi atau mengalami kebangkrutan maka pemegang obligasi memiliki hak pertama atas aset perusahaan.

Sumber : Investasi Obligasi Peluang Strategis buat Investor Pemula
ferryrinaldi is offline   Reply With Quote
Sponsored Links