View Single Post
Old 6th December 2015, 08:09 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 30 Oct 2014
Userid: 2756
Location: Jakarta
Posts: 160
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Konsep & Fungsi Manajemen Keuangan



Pengertian Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan adalah seluruh kegiatan operasional perusahaan atau organisasi dalam rangka usaha memperoleh pendanaan modal kerja dan pengelolaan asset yang efisien dan efektif untuk mencapai tujuan utama perusahaan dalam memperoleh keuntungan.


Definisi Manajemen Keuangan menurut para ahli

  • Bambang Riyanto, menyatakan bahwa Manajemen Keuangan adalah “semua aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan yang berhubungan dengan upaya memperoleh dana yang dibutuhkan dengan biaya yang seminimal mungkin dan syarat yang menguntunggkan serta uapya untuk mempergunakan dana yang diperoleh tersebut secara efisien dan efektif”
  • James Van Horne, menyatakan, semua kegiatan atau aktivitas yang berhubungan langsung dengan perolehan, pendanan serta pengelolaan aset (aktiva) dengan tujuan yang menyeluruh;
  • Suad Husnan, berpendapat bahwa: Manajemen keuangan adalah manajemen terhahap semua fungsi keuangan;
  • Liefman : Definisi manajemen keuangan adalah upaya penyediaan uang dan mempergunakan dana tersebut untuk mendapatkan aset (aktiva)


Prinsip Dasar Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan dalam prakteknya merupakan aktivitas dalam rangka untuk menyehatkan keuangan perusahaan atau organisasi. Oleh sebab itu, dalam membuat sebuah sistem manajemen keuangan, kita membutuhkan prinsip prinsip ini yang menjadi dasarnya yaitu : Konsistensi,Akuntabilitas, Transparansi, Viability dan Integitas.


Konsep Manajemen Keuangan


Manajemen keuangan adalah manajemen mengenai fungsi keuangan, dan fungsi manajemen keuangan merupakan bagaimana mempergunakan serta menempatkan dana yang ada. fungsi fungsi yang ada dalam perusahaan harusnya dilaksanakan dengan baik mengingat fungsi fungsi yang ada saling berkaitan satu sama lain.

Konsep Manajemen keuangan memiliki kegiatan yang utama yaitu:
  • Perolehan Dana, merupakan aktivitas yang bertujuan untuk memperoleh sumber dana, ntah itu berasal dari internal perusahaan ataupun bersumber dari eksternal perusahaan
  • Penggunaan Dana, suatu aktivitas menggunakan atau menginvestasikan dana yang ada pada berbagai bentuk aset
  • Pengelolaan Aset, aktivitas ini adalah kegiatan yang dilakukan setelah dana telah didapat dan telah diinvestasikan atau dialokasikan kedalam bentuk aset (atkiva), dana harus dikelola secara efektif dan efisien.

Fungsi Manajemen Keuangan
  • Keputusan Investasi, Investasi berarti penanaman modal pada aset riil ataupun aset finansial (surat berharga), keputusan investasi ini adalah suatu keputusan terhadap aset apa yang nantinya akan dikelola entitas/perusahaan. keputusan ini yang strategis ini akan berpegnaruh secara langsung terhadap besar kecilnya rentabilitas investasi serta aliran dana perusaan pada masa mendatang.
  • Fungsi Pendanaan, Keputusan mengenai pendanaan ialah dengan mempelajari berbagai sumber dana perusahaan, dalam laporan keuangan berada dalam sisi pasiva. keputusan ini harus memperhatikan sumber dana dengan biaya seminimal mungkin dan juga syarat yang bisa menguntungkan baik itu berasal dari internal perusahaan maupun sumber dana yang berasal dari luar perusahaan atau pihak eksternal.
  • Keputusan Deviden, Dalam fungsi ini, keputusan biasanya menyangkut hal hal seperti: Besaran prosentase laba yang akan dibagikan kepada pemilik dalam bentuk kas, tingkat stabilitas deviden yang akan dibagikan oleh manajemen

Sumber: Konsep & Fungsi Manajemen Keuangan
ferryrinaldi is offline   Reply With Quote
Sponsored Links