View Single Post
Old 7th December 2015, 01:12 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 4 Oct 2014
Userid: 2645
Posts: 394
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Thumbs up Tips Mengatasi Masalah pada Kulit

Lengkuas mrupakan tanaman yang banyak dijumpai di negara-negara di asia tenggara terutama indonesia. Dalam kajian ilmiah, lengkuas dikenal dengan nama latin Alpinna Galanga yang dapat tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya masyarakat memanfaatkan lengkuas sebagai bumbu pelengkap masakan, namun kini lengkuas bisa masyarakat manfaatkan untuk pengobatan tradisional.

Jika didasarkan pada bentuk fisiknya, lengkuas hampir mirip dnegan jahe, namun lengkuas dan jahe itu berbeda. Nah untuk membedakannya anda cukp mencium aromanya. Daging lengkuas lebih keras dibandingakan dengan daging pada jahe. Hal itu dapat dibuktikan dengan mencoba membelah daging lengkuas dan jahe.

Bagian lengkuas yangbisa dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional adalah rimpangnya. Pada akar rimpang ini tersembunyi sejumlah senyawa penting seperti 1 % minyak atsiri berwarna kuning kehijauan yang terutama terdiri dari metil-sinamat 48 %, sineol 20 % 30 %, eugenol, kamfer 1 %, seskuiterpen, δ-pinen, galangin, dan lain-lain. Selain itu rimpang juga mengandung resin yang disebut galangol, kristal berwarna kuning yang disebut kaemferida dan galangin, kadinen, heksabidrokadalen hidrat, kuersetin, amilum, beberapa senyawa flavonoid, dan lain sebagainya. Kesemua senyawa yang terkandung dalam lengkuas tersebut sangat bermanfaat dalam mengatasi berbagai keluhan kesehatan termasuk untuk keluhan pada kulit. Dan berikut ini beberapa masalah kesehatan kulit yang dapat diatasi oleh lengkuas.

1. Lengkuas mampu mengobati panu.
Panu merupakan salah satu mpenyakit kulit yang sangat menggangu. Walaupun kenampakannya hanay berupa bercak putih di kulit, namun penyakit ini tidak boleh dispelekan. Selain tidak enak dipandang, biasanya panu akan terasa gatal dan memaksa penderita untuk menggaruknya sehingga panu tersebut akan semakin para. Nah untuk pengobatannya, anda bisa menggunakan lengkus sebagai obat panu. Caranya, anda cukup memotong beberap bagian lengkuas, kemudian tempelkan pada kulit yang terkena panu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentuny cara ini harus dilakukan setuap hari secara rutin.

2. Lengkuas mampu mengobati kada atau kurap
Kadar atau kurap merupakan penyakit kulit yang diakibatkan oleh jamur. Penyakit ini sangat mudah sekali menular, baik itu menular secara langsung maupun tidak langsung melalui pakian yang sering dipakai. Nah untuk mengobatinya, anda bisa menggunakan ramuanlengkuas. Caranya ambillah beberapa lengkuas dan daun sirih, kemudian tumbuk hingga lembut. Setelah itu baru tumbukan lengkuas dan daun sirih bisa anda gosokkan pada kulit yang terkena kadas atau kurap. Lakukan cara ini secara teratur hingga kadas dan kurap tersebut hilang.

3. Lengkuas mampu menghilangkan bekas luka pada kulit
Bekas luka adalah hal yang sangat mengganggu, terutama jika letaknya berada di bagian kulit uang terbuka seperti wajah, tangan atau kaki. Bekas luka bahkan lebih menyebalkan lagi karena umumnya dibutuhkan waktu yang sangat lama agar dapat hilang dan kelambali seperti kulit semula. Namun anda tak usah khawatir, karena bekas lukas pada kulit tersebut mampu dihilangkan secara alami dengan menggunakan ramuan lengkuas. Caranya pun sangatlah, anda hanya menumbuk lengkuas hingga halus, kemudian oleskan pada bekas luka pada kulit secara rutin.

4. Lengkuas mamu mengobati eksim
Eksim merupakan suatu keadaan kulit uang terkena iritasi atau radang yang biasanya menyerang bagian tangan dan kaki yang diikiti rasa gatal. Bagi anda yang sedang mengalami eksim, jangan khawatir karena lengkuas juga dapat digunakan untuk mengobati eksim. Caranya cukup mudah, parut satu rimpang lengkuas. Tambahkan air kapur sirih sebanyak satu sendok makan, lalu aduh hingga merata dan olehkan ke bagian kulit yang terkena eksim. Dan jangan lupa balut dengan perban agar lengkuasnya meresap.

5. Lengkuas mampu menghilangkan bercak putih pada kulit
Pada beberapa orang biasanya akan mengalami semacam bercak putih yang berada di kulit. Untuk menghilangkan bercak putih tersebut cukup dengan menggunakan ramuan alami dari lengkuas. Caranya meramunya pun sangatlah mudah, anda cukup menumbukkan lengkusa dan mencampurkannya dengan cuka sebanyak satu sendok makan. Kemudian oleskan pada bagian tubuh yang terdapat kelainan kulit tersebut. Lakukan cara ini hingga bercak putih pada kulit anda menghilang.

Itulah beberapa masalah kesehatan kulit yang dapat diobati oleh lengkuas. Namun selain mampu mengobati berbagai masalah pada kulit, lengkuas juga dapat mengatasi berbagai keluhan kesehatan lainnya seperti rematik, sakit limpa, bronkhitis, Pembangkit selera makan, alergi, anemia, gangguan perut, masuk angin, diare dan masih banyak lagi masalahg kesehatan yang dapat diobati dengan ramuan lengkuas.

Sumber dari http://tawesherbal.blogspot.co.id/20...it-dengan.html
feranurjanah is offline   Reply With Quote
Sponsored Links