View Single Post
Old 11th December 2015, 07:46 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default TNI Pasang Patok Perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini

Jakarta - Prajurit TNI yang tergabung dalam Batalyon Infantri 406/CK mendapatkan kepercayaan melaksanakan tugas pengamanan perbatasan Republik Indonesia (RI) dan Papua Nugini (PNG) di sektor utara wilayah Distrik Senggi Provinsi Papua.

Salah satunya adalah memasang patok batas RI-PNG sejumlah 13 patok mulai dari MM 4.3 hingga 7.2. Dari tiga belas patok tersebut baru terpatroli 4 patok oleh Satgas yang lama yaitu Patok MM 4.3, Patok MM 4.4, Patok MM 4.5 dan Patok MM 6.1A.

Demikian disampaikan Dansatgas Yonif 406/CK Letkol Inf Aswin Kartawijaya dalam keterangan pers yang diterima SP, Jumat (11/12). Ia menjelaskan baru terpatroli empat patok tersebut disebabkan karena jauhnya jarak yang harus ditempuh dan medan yang sulit.

Pendirian patok untuk mencegah bergesernya patok perbatasan RI dengan negara tetangga, termasuk perbatasan RI-PNG di wilayah Papua.

"Di negara-negara berkembang, tapal batas sering menjadi permasalahan yang dapat memicu ketegangan. TNI sepanjang waktu selalu menggelar operasi pengamanan perbatasan baik di wilayah darat, laut maupun udara Indonesia," kata Letkol Inf Aswin.

Ia menjelaskan hasil dari perencanaan pada bulan kedua penugasan Satgas Yonif mulai melaksanakan patroli, untuk menemukan patok yang menjadi tanggungjawabnya, terutama patok-patok yang belum terpatroli oleh satgas sebelumnya.

Salah satunya yaitu Pos Batom yang telah melaksanakan patroli patok MM 6.B dan 6.2 berjarak sekitar 35 km dari pos. Untuk mencapai patok tersebut, Pos Batom harus menempuh perjalanan dalam waktu dua hari satu malam dengan berjalan kaki dan menyusuri sungai dengan menggunakan long boat.















http://www.beritasatu.com/nusantara/...ua-nugini.html
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links