View Single Post
Old 15th December 2015, 08:44 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 4 Oct 2014
Userid: 2645
Posts: 394
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Thumbs up Penyebab Terjadinya Sembelit

Hampir semua orang, termasuk anda mungkin pernah mengalami sembelit. Sembelit atau yang dalam ilmu medis disebut dengan kontipasi adalah kelainan pada sistem pencernaan dimana seseorang akan mengalami pengerasan tinja atau feses sehingga sulit untuk dibuang dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Walaupun menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderita sembelit, namun terkadang sembelit hanya dianggap entang. Padahal kalau dibiarkan secara terus-menerus akan berdampak buruk pada kesehatan, termasuk didalamnya bisa menyebabkan kanker. Nah, sebelum hal itu terjadi maka sebaiknya anda segera mengatasi sembelit tersebut sejak dini. Untuk mengatasinya, banya sekali cara yang bisa anda lakukan seperti mengkonsumsi seperti mengkonsumsi Obat Sembelit, mengkonsumsi makanan berserat, perbanyak minum air putih, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk penyebab sembelit itu sendiri, banyak yang mengira bahwa sembelit terjadi karena kurangnya konsumsi serat dalam menu makanan sehari-hari. Memang perkiraan tersebut tidaklah salah, namun selain kurangnya konsumsi serat dalam menu makanan sehari-hari juga terdapat beberapa penyebab lainnya seperti :

Sedangkan untuk penyebab sembelit itu sendiri, banyak yang mengira bahwa sembelit terjadi karena kurangnya konsumsi serat dalam menu makanan sehari-hari. Memang perkiraan tersebut tidaklah salah, namun selain kurangnya konsumsi serat dalam menu makanan sehari-hari juga terdapat beberapa penyebab lainnya seperti :

1. Kurangnya berolahraga menyebabkan gerakan otot menjadi berkurang, akibatnya keinginan untuk ke toilet juga berkurang.
2. Pola makan yang tidak seimbang dan kebutuhan gizi yang kurang tercukupi seperti konsumsi makanan yang banyak mengandung serat alami seperti sayuran dan buah-buahan.
3. Kurangnya cairan yang menyebabkan feses menjadi keras dan sulit untuk keluar.
4. Banyak mengkonsumsi kafein yang memicu terjadinya dehidrasi pada tubuh sehingga menyebabkan sembelit.
5. Menunda keinginan untuk buang air besar serta tidak rutin buang air besar juga akan menyebabkan sembelit.
6. Gangguan emosional atau stres bisa manjadi lingkaran penyakit termasuk menyebabkan sembelit.
7. Diet rendah serat dan tinggi lemak membuat feses menjadi padat sehingga sulit untuk dikeluarkan.
8. Efek samping obat-obatan yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama dapat menyebabkan sembelit.
9. Adanya gangguan penyakit lain yang berkenaan dengan usus seperti kanker, dapat menyebabkan pencernaan makanan menjadi tidak lancar dan terganggu.
10. Ketidakseimbangan elektrolit dan kelebihan serta juga merupakan penyebab timbulnya sembelit.

Itulah beberapa penyebab terjadinya sembelit. Bagi anda yang tak ingin mengalami sembelit, maka lakukanlah pencegahan seperti mengkonsumsi makanan berserat, cukupi kebutuhan cairan, jangan menahan BAB, kurangi konsumsi kafein, kelola stres serta luangkanlah waktu untuk berolahraga secara rutin.


Sumber dari http://www.wovelines.com/inilah-peny...inya-sembelit/

Last edited by feranurjanah; 15th December 2015 at 08:51 AM..
feranurjanah is offline   Reply With Quote
Sponsored Links