View Single Post
Old 20th December 2015, 12:52 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default 2016, Kemdikbud Bangun 40 SLB

Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan membangun 40 Sekolah Luar Biasa (SLB) di sejumlah daerah di Tanah Air pada 2016.

"Sebagian besar di wilayah Indonesia bagian timur, karena memang di daerah sana memang banyak yang kekurangan SLB," ujar Dirjen Pendidikan Dasar Menengah Kemdikbud Hamid Muhammad usai peringatan Hari Disabilitas Internasional di Jakarta, Sabtu (19/12).

Jumlah SLB yang akan dibangun tersebut, kata dia, masih kurang jika dibandingkan kebutuhan yang ada. Kemdikbud menargetkan dalam setiap tahun ke depan ada SLB di setiap kabupaten.

"Saat ini, ada sekitar 90 kabupaten yang belum memiliki SLB," tambah dia.

Persoalan utama dalam membangun SLB, ujar dia, adalah persoalan pembebasan lahan dan komitmen pemerintah daerah yang berbeda-beda.

"Kita bangun SLB sepenuhnya, untuk melayani kebutuhan anak di sekolah. Tidak semua penyandang disabilitas bisa mengikuti kelas reguler, solusinya kita bangunkan SLB," jelas dia.

Saat ini, baru sekitar 160.000 ribu penyandang disabilitas yang mendapat layanan.

Jumlah tersebut, baru sekitar 11 persen jumlah penyandang disabilitas di seluruh Tanah Air.

Ke depan, pihaknya terus berupaya melakukan sosialisasi intensif layanan pendidikan untuk disabilitas termasuk orientasi yang dicapai.

"Penyandang disabilitas saat ini tak perlu berkecil hati, karena banyak penyandang disabilitas yang berprestasi. Misalnya, bagaimana seorang disabilitas bisa naik ke puncak gunung tertinggi ke dunia," papar dia.

Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar (PPK-LK Dikdas) Kemdikbud Sri Renani Pancastuti mengatakan pihaknya berupaya meningkatkan akses layanan dan mutu pendidikan bagi penyandang disabilitas, dengan membangun unit sekolah baru terutama di daerah perbatasan.

"Selain membangun SLB, kami juga melakukan renovasi di sejumlah SLB," kata Rena.

Pihaknya juga berupaya untuk meningkatkan mutu guru SLB agar lebih terampil dalam mengajar.















http://www.beritasatu.com/kesra/3336...un-40-slb.html
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links