View Single Post
Old 24th December 2015, 06:39 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Jalur Baru Penghubung Tegal-Purwokerto Dibuka

Metrotvnews.com, Brebes: Setelah empat kali longsor sepanjang lima tahun terakhir, Jalur baru Ciregol, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akhirnya resmi dibuka untuk lalu lintas kendaraan. Pengendara harus waspada karena jalan baru belum dilengkapi fasilitas penerangan jalan.

Jalan nasional penghubung Tegal-Purwokerto ini, kali pertama longsor pada Maret 2011, di kilometer 115+650. Di tengah penangangan, jalur nasional ini kembali longsor pada 2012 di bulan yang sama. Hanya, titik longsor bergeser ke kilometer 115+700.

Tahun 2013 longsor kembali menimpa bahu jalan di kilometer 115+050. Begitupun pada April 2015 di kilometer 115+900, hingga mengakibatkan jalan ditutup selama sepekan.

Perwakilan PPKom Tegal-Wangon Bina Marga Wilayah Tegal, Lindung Simbolon, jalan baru dibangun dengan menggunakan lahan Perhutani di sisi kanan (dari arah Tegal) jalan lama, kilometer 115+650. Pembangunannya dilaksanakan oleh rekanan PT Buton Tirto Baskoro mulai 14 Agustus dan selesai 4 Desember, sepekan lebih cepat dari batas kontrak 11 Desember.

“Pembangunan jalan ini menelan dana Rp69 miliar yang bersumber dari APBN. Jumlah tersebut termasuk dengan perkuatan tebing di kilometer 115+900 yang merupakan titik longsor pada April lalu,” kata Lindung, Senin (21/12/2015).

Lindung menjelaskan, sesuai dengan rencana, jalan baru sepanjang 540 meter dan lebar 7,5 meter ini akan digunakan untuk lintasan kendaraan dari arah Purwokerto. Sementara, kendaraan dari arah Tegal tetap menggunakan jalur lama.

PVMBG Bandung menyebutkan Ciregol merupakan daerah patahan yang rawan longsor. Jalan Ciregol, di Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, tidak layak untuk infrastruktur. Karena, kondisi tanahnya dinyatakan labil. Solusi permanen penanganan Ciregol sebagaimana yang direkomendasikan adalah relokasi permanen atau pemindahan jalan.

Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa (Kanit Dikyasa) Sat Lantas Polres Brebes, Iptu Suroto menyambut baik dengan diselesaikannya jalan baru tersebut. Menurut dia, jalan baru akan membuat arus lalu lintas yang menghubungkan wilayah Pantura dengan selatan Jateng akan lancar dan aman.

"Namun, saat malam hari pengendara diminta waspada karena jalan baru belum dilengkapi fasilitas penerangan jalan,” ujarnya.














http://jateng.metrotvnews.com/read/2...wokerto-dibuka
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links