View Single Post
Old 26th December 2015, 07:52 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Bangun Trotoar Humanis, Pemkot Pontianak Anggarkan Rp 2,6 Miliar

Pontianak - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, menganggarkan dana Rp 2,6 miliar untuk pembangunan "trotoar humanis" atau trotoar berwawasan lingkungan, di sepanjang Jalan Gajah Mada, Pontianak.

"Mulai tahun 2016 kami baru bisa menganggarkan Rp2,6 miliar untuk pembangunan trotoar humanis di kawasan Jalan Gajah Mada, sehingga akan menjadi kawasan yang indah dan menarik untuk para pejalan kaki," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pontianak, Ismail, Sabtu (26/12).

Ia menjelaskan, dengan dibangunnya trotoar humanis di jalan itu, maka masyarakat maupun tamu dari luar bisa berjalan kaki santai di kawasan pecinan Kota Pontianak.

"Apalagi saat ini, kawasan Jalan Gajah Mada sudah terkenal dengan banyaknya sejumlah warung kopi untuk bersantai sambil menikmati keindahan malam di Kota Pontianak," ujarnya.

Maksud dari trotoar humanis yakni trotoar yang berwawasan lingkungan, berpihak pada gender, penerangannya menggunakan energi ramah lingkungan, mempunyai wawasan budaya, ada motif budaya dan punya nilai sosial di trotoar itu, sehingga masyarakat nyaman untuk berjalan disitu, sejuk dan akan disediakan berbagai pusat informasi, katanya.

"Sehingga kalau ada wisatawan mancanegara yang bersantai sambil menikmati keindahan Kota Pontianak dan berjalan di sepanjang trotoar humanis tersebut, akan banyak yang bisa dilihat, mulai dari berbagai informasi berbagai objek wisata di Kota Pontianak, dan Kalbar umumnya," ungkapnya.

Selain itu, di sepanjang trotoar humanis tersebut juga akan disediakan tempat santai, serta trotoar yang layak, sehingga masyarakat akan betah bersantai di sepanjang trotoar tersebut, kata Ismail.

"Saat ini, kami sedang membangun trotoar humanis percontohan, yakni dua titik di Jalan Jenderal Urip, yaitu di depan SMP 1, dan depan Matahari Mal Pontianak, serta di perempatan Jalan Gajahmada yang anggarannya masing-masing Rp200 juta," ujarnya.

Ia berharap, kepada masyarakat agar menjaga pembangunan trotoar humanis dan pembangunan lainnya, dengan tidak memarkirkan kendaraannya dan berjualan di sepanjang trotoar tersebut.

"Mari bersama-sama kita menjaga keindahan, kenyamanan dan keamanan Kota Pontianak, sehingga membuat kita semua betah, dan tamu yang datang juga betah berada di Pontianak," ujar Ismail.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas PU Kota Pontianak menambahkan, pemerintah pusat pada tahun 2016 akan membantu Pemkot Pontianak dalam pembangunan "trotoar humanis" di sepanjang Jalan Ahmad Yani Pontianak, sehingga akan menjadi salah satu tujuan wisata baik oleh masyarakat lokal maupun mancanegara ketika berkunjung ke Pontianak Pembangunan trotoar humanis itu, murni menggunakan anggaran dari pusat, karena anggarannya cukup besar, sehingga daerah belum mampu untuk membangun trotoar berwawasan lingkungan tersebut, katanya.

"Rencananya pembangunan trotoar itu akan dibangun bersebelahan, yakni sisi kiri dan kanan sepanjang Jalan Ahmad Yani, mulai dari depan Mapolda Kalbar hingga perempatan Kantor Pajak," ungkapnya.














http://www.beritasatu.com/nasional/3...26-miliar.html
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links