View Single Post
Old 20th January 2016, 06:43 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default 2.750 Hektare Sawah Baru Dicetak di Bengkulu

Bengkulu - Sawah baru seluas 2.750 hektare akan dicetak di Provinsi Bengkulu tahun 2016. Upaya ini dilakukan guna meningkatkan produksi pangan di daerah ini.

"Pencetakan sawah baru ini, akan dilaksanakan melalui kerja sama dengan jajaran Korem 041 Gamas Bengkulu. Untuk merealisasikan program ini, kami sudah menggelar rapat koordinasi dengan jajaran Korem setempat," kata Kepala Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Bengkulu, Evarini, di Bengkulu, Rabu (20/1).

Ia mengatakan, sawah baru tersebut akan dicetak di sembilan kabupaten, yakni Rejang Lebong, Seluma, Bengkulu Tengah, Kaur, Bengkulu Utara, Bengkulu Selatan, Mukomuko, Kepahiang, dan Lebong. Namun, tidak dijelaskan secara rinci luas sawah baru, yang akan dicetak masing-masing kabupaten.

"Yang jelas, pada tahun 2016 ini, Distan Bengkulu diberi tugas oleh Kementarian Pertanian mencetak sawah baru seluas 2.750 hektare. Kami optimistis target ini dapat kami realisasikan dengan baik," ujarnya.

Evarini mengatakan, pencetakan sawah baru ini selain bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan juga sebagai langkah antisipasi alih fungsi lahan pertanian di Bengkulu ke depan.

"Pencetakan sawah baru ini dalam upaya mendukung program khusus pemerintah pusat untuk merealisasikan swasembada padi, jagung, dan kedelai di Provinsi Bengkulu ke depan," ujarnya.

Pekerjaan pencetakan sawah baru di Bengkulu, akan dilaksanakan melalui swakelola yang dikerjakan oleh anggota TNI di jajaran Korem 041 Garuda Mas (Gamas) setempat.

Sementara itu, Kazidam II Sriwijaya Kol Czi M Irfan Affandi mengatakan, sebagai pelaksana kegiatan cetak sawah di Provinsi Bengkulu mengatakanm, kendala yang sering dihadapi dalam mencatak sawah baru adalah lahan yang belum clear.

Selain itu, lokasi sering berubah-rubah, pelaksanaan survei minim dan pelaksanaan pekerjaan kurang efisien. Akibatnya, pekerjaan di lapangan tidak mencapai target yang ditetapkan sebelumnya.

Karena itu, agar target cetak sawah baru dapat direalisasikan dengan baik, maka setiap pekerjaan yang akan dilaksanakan harus disesuaikan dengan pedoman operasional, bekerja dengan tulus dan ikhlas, serta luruskan niat baik untuk membantu kesulitan rakyat.

"Jika kita bekerja dengan tulus dan ikhlas, maka seberat apapun pekerjaan yang akan dihadapi dapat diselesaikan dengan baik. Saya berharap pekerjaan pencetakan sawah baru seluas 2.750 hektare di Bengkulu pada 2016 ini dapat direalisasikan dengan baik," ujarnya.















http://www.beritasatu.com/nusantara/...-bengkulu.html
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links