View Single Post
Old 22nd January 2016, 10:43 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Lingkar Wilis Bakal Disulap Jadi Wisata Andalan Jatim

Metrotvnews.com, Surabaya: Pemerintah Jawa Timur akan menjadikan Lingkar Wilis sebagai destinasi pariwisata andalan. Kawasan ini akan dibentuk serupa cincin yang melingkari wisata-wisata yang berada di daerah-daerah di Jatim, seperti wisata di Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Kediri, dan Kabupaten Nganjuk.

"Dinamakan Lingkar Wilis atau Cincin Wilis karena melingkari sejumlah wisata di Jatim. Nantinya, wisata baru ini akan menjadi wisata andalan untuk turis dari mancanegara," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Jarianto, di Surabaya, Senin (18/1/2016).

Saat ini, kata dia, sudah masuk proses persiapan pembangunan sarana dan prasarana. Jalan akses yang menuju maupun menghubungkan enam daerah juga mulai dikerjakan.

Dibangunnya Lingkar Wilis diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Jatim dan daerah setempat. Sejumlah fasilitas seperti penginapan villa, tempat kuliner, dan tempat santai juga akan dibangun. "Yang kami jual adalah alam atau pemandangan indah. Tingkat kedinginannya pun melebihi daerah Gunung Bromo, sehingga diperkirakan akan menyaingi Bromo sebagai wisata andalan di Jatim," ucapnya.

Menurut penjabat bupati Trenggalek tersebut, proyek pembangunan Lingkar Wilis sudah dibicarakan dengan seluruh kepala daerah, bahkan telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara gubernur Jatim dan seluruh bupati setempat.

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, mengaku sedang mempersiapkan proyek pembangunan Lingkar Wilis dan diharapkan mampu menjadi daya tarik wisatawan. "Saya sudah ngobrol dengan Pak Jarianto dan para kepala daerah terkait pembangunan Lingkar Wilis. Saya yakin Lingkar Wilis menjadi destinasi wisata luar biasa yang bakal dilirik wisatawan," kata dia.















http://jatim.metrotvnews.com/read/20...-andalan-jatim
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links