View Single Post
Old 4th February 2016, 01:12 PM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 2 Oct 2015
Userid: 4392
Posts: 158
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Arrow Waspadai Bahaya Hepatitis C

Bahaya Penyakit Hepatitis C Bagi Tubuh


Hepatitis C merupakan salah satu penyakit liver yang sangat berbahaya. Vaksin untuk penyakit liver yang disebabkan oleh virus hepatitis C ini berlum bisa ditemukan. Penyakit hepatitis C bisa menular dengan sangat mudah, dan proses penularannya bisa melalui jarum suntik (pecandu narkoba), alat pencukur, sikat gigi atau alat yang menyebabkan luka, tato atau tindik dengan jarum yang tidak steril, berkelahi, jika terdapat luka yang terbuka pada kedua belah pihak, aktivitas seksual (risiko rendah).

Infeksi yang terjadi pada organ hati ini, umumnya akan berkembang dalam jangka waktu lama, yang mana disebut juga dengan infeksi kronis. Bahkan penderita hepatitis C ini, kemungkinan bisa membawa virus ini hingga akhir hidupnya. Penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis C ini bisa menimbulkan kerusakan dan peradangan yang terjadi pada hati, yang pada akhirnya akan berkembang menjadi sirosis hati dan kanker hati.
Gejala Penyakit Hepatitis C

Gejala hepatitis C ini sering tanpa disadari oleh penderitanya hingga akhirnya menjadi kanker hati antara waktu 5 sampai 30 tahun. Penyakit liver yang disebabkan oleh adanya virus hepatitis C seringkali tidak menunjukan gejala. Pada bebera orang gejala dapat muncul, 6 7 minggu setelah terkena infeksi gejala dapat terjadi seperti berikut ini

-Jaundice (kuning)
-Lelah berkepanjangan
-Mual atau hilang nafsu makan
-Urin berwarna gelap
-Diare
-Nyeri sendi
-Kulit gatal

Seseorang yang sudah terjangkit penyakit hepatitis C, dianjurkan untuk segera melakukan pengobatan sedari dini, guna menghindari resiko terjadinya peradangan yang lebih berbahaya. Langkah pengobatan bisa dilakukan dengan cara mengokonsumsi obat obatan, melakukan vaksinasi hepatitis A dan B. Menerapkan gaya hidup sehat dengan cara mengkonsumsi
makanan bergizi, berolahraga dan istirahat yang cukup. Hindari mengkonsumsi alkohol dan obat obatan terlraang karena akan memperparah kondisi hati.

SUMBER
elhazimaraihana is offline   Reply With Quote
Sponsored Links