View Single Post
Old 10th February 2016, 08:40 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 26 Jun 2015
Userid: 4003
Posts: 187
Likes: 0
Liked 5 Times in 4 Posts
Talking Salah Satu Pulau Di Jepang Bakal Habis Di Makan Serangga

Pulau di Jepang Ini Bakal Habis di Makan Serangga
Bagi yg mengenal Jepang dengan baik pasti ingat dengan Kota 'Nagasaki'. Kota bersejarah yang pernah dijatuhi bom atom oleh Amerika Serikat pada perang dunia II kini telah menjelma menjadi kawasan perdagangan dan pemukiman di pesisir Kyushu.
Di kota tersebut terdapat peninggalan bersejarah yg telah dicatat oleh UNESCO yakni 'Battleship Island' atau pulau Hoboro.Pulau yang telah ditinggalkan ini memang jauh dari keramaian dan seperti terisolasi.

Dulunya,pulau ini adalah jalan pintas tercepat menuju Hiroshima sekaligus penghasil mutiara dan tiram terbaik.Namun,baru diketahui pulau tersebut dihuni oleh jutaan serangga pemakan pulau.Kabarnya,serangga inilah yang bakal jadi penyebab tenggelamnya pulau Hoboro.

Ini sudah dibuktikan dengan ukuran pulau yang kian menyusut. Pada tahun 1725 diketahui ukuran pulau sebesar 364 meter.Kemudian, tahun 1825 menyusut kembali menjadi 220 meter sehingga pada tahun 1883 terpisah menjadi dua pulau kecil yang terdiri dari sekumpulan batu-batu karang seluas 90 meter saja.

Ketika dilihat lebih dekat,batu karang itu dihuni oleh jutaan serangga yang tampak sedang bersantap persis seperti rayap (serangga pemakan kayu). Serangga yang berukuran kurang lebih seperti koin seratus yen ini bersarang di dalam lubang-lubang karang tersebut.

Pulau Hoboro tampaknya akan menjadi sebuah nama saja di masa depan.Hal ini dikarenakan adanya perkiraan bahwa pulau itu akan habis dimakan serangga dalam kurun waktu 100 tahun lagi.Tampaknya,pemerintah setempat harus segera fokus dengan permasalahan ini ya.
Sumber
ani126 is offline   Reply With Quote
Sponsored Links