View Single Post
Old 11th February 2016, 03:53 PM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 6 Oct 2015
Userid: 4403
Posts: 2
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Mengenal Type - type Kereta Api yang ada

Sebelumnya anda berusaha untuk menaiki transportasi panjang ini, baiknya anda tahu type - type kereta terlebih dulu. salah satunya yaitu seperti berikut :
Jenis Kereta api konvensional
Kereta api rel konvensional yaitu kereta api yang umum didapati. Memakai rel yang terbagi dalam dua batang besi yang diletakkan di bantalan. Di daerah spesifik yang memliki tingkat ketinggian curam, dipakai rel bergerigi yang ditempatkan di dalam tengah rel itu dan memakai lokomotif spesial yang mempunyai roda gigi. Kereta ini memiliki bahan bakar batubara, uap serta diesel serta populer berisik terutama kereta api yang memerlukan pembuangan uap yang kerap membunyikan nada khas kereta api yang memekikkan telinga.
Jenis Kereta Rel Diesel (KRD)
KRD adalah rangkaian kereta api penumpang di mana pada tiap-tiap gerbong kereta ada penggerak berbentuk traksi motor pemutar roda gandar untuk menggerakkan gerbong dengan cara serempak. Sumber tenaga untuk menggerakkan system penggerak itu berbentuk sumber listrik internal yang datang dari pembangkit diesel yang dipasang pada tiap-tiap gerbong.
Jenis Kereta api monorel
Kereta api monorel (kereta api rel tunggal) yaitu kereta api yang jalurnya tak seperti jalur kereta yang umum didapati. Rel kereta ini cuma terbagi dalam satu batang besi. Letak kereta api di desain menggantung pada rel atau diatas rel. Bila satu kota di bangun dengan lintas layang atau bawah tanah, jadi tak ada pintu perlintasan kereta api, hingga jadwal kereta api dapat 1, 5 - 2 menit sekali seperti yang berlangsung di Jepang.
Jenis Kereta Rel Listrik (KRL)
KRL mempunyai penggerak yang sama dengan KRD dengan memakai traksi motor pemutar roda gandar pada tiap-tiap gerbongnya. Cuma saja sumber tenaganya datang dari listrik eksternal yang ada di kolong gerbong. Bila lihat KRL pada segi atas jadi kita bakal lihat benda berupa trapesium. itu dimaksud dengan Pantograf, benda ini menyalurkan listrik dari jaringan kabel listrik yang ada di selama rel hingga membuahkan listrik eksternal untuk menggerakkan KRL. Tetapi jalur rel yang mempunyai jaringan listrik seperti ini cuma terbatas hingga KRL cuma beroperasi untuk rute jarak pendek serta komuter.
Kereta Uap
Kereta uap adalah rangkaian kereta penumpang yang memakai lokomotif uap sebagai penarik gerbongnya. Lokomotif uap bekerja lewat cara memakai desakan uap dari ketel besar yang dipakai untuk menggerakkan piston yang bakal mendorong serta menarik roda lokomotif hingga dapat berputar. Di Indonesia, kereta uap inipun masihlah beroperasi.
bennyKO1 is offline   Reply With Quote
Sponsored Links