View Single Post
Old 2nd March 2016, 12:57 PM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 29 Jul 2015
Userid: 4127
Posts: 87
Likes: 0
Liked 3 Times in 3 Posts
Default Perencanaan visual penataan produk

Teknik visual dalam penataan produk dan toko minimarket atau supermarket memegang peran yang sangat penting karena hal ini menyangkut masalah kenyamanan konsumen dalam berbelanja. Penataan produk yang baik dengan didukung oleh tehnik visual yang tepat akan menyebabkan pengunjung merasa betah didalam toko, yang berarti peluang untuk membelanjakan uangnya lebih banyak. Dengan demikian perkembangan toko sangat dipengaruhi oleh perencanaan visualnya, yang menekankan pada kesan penglihatan diluar toko, penglihatan terhadap barang dagangan dan suasana dalam toko serta apa yang dirasakan melalui pelayanan para wiraniaganya. Melalui panca indra khususnya mata dan rasa, konsumen diharapkan memiliki citra positif terhadap toko( store image ) secara keseluruhan

Salah satu hal penting dan berperan dalam membangun pencitraan terhadap toko adalah mempertimbangkan masalah Atmosphere (suasana) dan keadaan pisik toko yang terdiri atas 3 hal penting yakni;

1.Suasana luar toko ( Exterior )

Yang dimaksuk dengan suasana luar toko adalah segala karakteristik pisik diluar toko yang dirancang dengan baik sehingga memiliki daya tarik bagi konsumen untuk masuk kedalam toko dan berbelanja. Karakteristik luar toko meliputi;

Pandangan depan toko ( storefront )

Pandangan depan toko adalah keseluruhan bangunan pisik toko yang nampak dari luar. Bangunan luar yang tertata dengan baik akan menimbulkan kesan tersendiri bagi konsumen. Melalui penataan depan bangunan toko pemilik dapat menciptakan citra toko seperti misalnya; mewah, conservative, progresive dan lainnya. Suasana luar toko dapat diciptakan melalui penataan taman, air mancur dan lainnya. Hal lain yang bewrkaitan dengan kesan terhadap toko adalah akses menuju kelokasi toko. Daerah macet misalnya akan menyebabkan orang agak enggan berbelanja ke toko tersebut

Pintu masuk toko ( entrance )

Penataan pintu masuk toko harus ditata dengan baik dan hati- hati, karena hal ini juga akan dapat meningkatkan citra toko. Terdapat tiga hal yang harus dipertimbangkan yakni;

1.Jumlah pintu masuk, yakni apakah cukup satu pintu atau lebih dari satu pintu. Hal ini tentunya tergantung pada bersar/ kecilnya toko

2.Jenis pintu masuk, yakni apakah yang berbentu rolling door, tarik dan dorong ( push/ pull ) ataukah yang buka tutut otomatis

3.Jalan masuk ketoko, apakah dibuat sederhana ataukah sedikit mewah ataukah jalan masuk yang lebar. Namun perlu dipertimbangkan bila pintu masuk dibuat lebar, sedangkan ruang gerak ( space ) pembeli dalam berbelanja sempit akan menimbulkan kesan yang kurang baik

Etalase/ jendela pajangan luar ( window display )

Window display adalah pajanagan luar toko, ditujukan untuk menarik masuk kedalam toko serta mambangun citra toko. Melalui penataan yang baik dari berbagai barang pada jendela pajangan, konsumen akan tergerak untuk berhenti melihat dan pada akhirnya diharapkan masuk kedalam toko

Halaman parkir

Halaman parkir memiliki arti penting dalam membangun citra toko. Dengan menyediakan tempat parkir yang cukup luas dan tertata serta gratis, akan memotivasi calon konsumen masuk kedalam toko. Pada toko eceran yang dikelola secara modern, halan parkir dilengkapi dengan taman dan tempat duduk peneduh menunggu keluarga yang sedang berbelanja


2.Suasana umum dalam toko ( General Interior )

Pada saat calon pembeli masuk dan berada dalam toko, banyak hal yang mempengaruhi kesannya. Sebagai contoh seorang calon pembeli, yang begitu masuk kedalam toko langsung merasakan sejuknya udara/AC, dan harumnya ruangan serta ramahnya pramuniaga, maka dapat dipastikan akan timbul kesan tertentu dihati calon konsumen tersebut. Berbagai hal yang mempengaruhi pembentukan kesan setelah pembeli berada dalam toko antara lain;

Penempatan barang dagangan

Pada usaha bisnis eceran modern seperti swalayan, minimarket ataupun departemen store, penempatan barang dagangan pada rak rak toko merupakan tempat menjual sekaligus membangun merek karena sangat mungkin toko menjadi lokasi dimana konsumen pertama kali melihat suatu merek tertentu. Dengan demikian toko melalui penempatan dan penataan barang merupakan ajang pertempuran merek/ brand yang hiruk pikuk. Puluhan bahkan ratusan merek saling sodok menyodok untuk memperebutkan minat konsumen.

Disamping itu, keramahtamahan pramuniaga, kasir dan dan pegawai toko lainnya sangatlah penting, karena pada dasarnya yang dituntut oleh konsumen bukan saja harga dan kualitas barang tetapi juga pelayanan

Penempatan mesin cash register

Penempatan cash register, computer atau mesin hitung lainnya harus pada posisi dan tempat serta jumlah yang tepat, karena hal ini akan mempengaruhi terhadap kelancaran pembayaran . Penempatan meja cash register tidak harus selalu dekat pintu keluar. Pada sebuah toko buku besar dan Departemen store, penempatan cash register justru umumnya ditengah

Lantai toko

Lantai toko dapat terbuat dari keramik, semen, papan/ kayu, karpet dan bahan lainnya. Agar citra terhadap barang dan toko menjadi tinggi, maka dalam menata interior memilih bahan lantai memegang peran yang penting karena masing- masing bahan memiliki kesan tersendiri. Sebagai contoh, agar menimbulkan kesan ekslusive toko yang menjual sepatu kualitas tertentu menggunakan karpet tebal sebagai alas lantainya. Sedangkan toko swalayan menggunakan lantai keramik

Warna dan cahaya

Pengaruh kombinasi warna dan cahaya lampu sangat penting terhadap pencitraan toko. Warna cerah, warna kombinasi memiliki kesan yang berbeda dibanding dengan warna- warna pastel atau warna dinding yang putih terang. Penggunaan cahaya lampu warna- warni dapat secara langsung atau pantulan, atau lampu yang sebentar- sebentar menyala. Sebagai contoh; Toko pakaian celana Jean dapat memilih warna yang cerah dan terang dengan lampu yang berkedap- kedip guna menimbulkan kesan berani, trendy dan sebagainya. Sedangkan toko yang menjual berbagai barang kebutuhan wanita/ ibu- ibu cenderung memilih warna pastel dengan pencahayaan melalui pantulan agar mendapatkan kesan tertentu

Suara/ musik dan wewangian

Suara musik, alunan lagu dan wangi wangian dapat mendorong minat konsumen untuk berbelanja. Salon kecantikan dengan aroma parfume tertentu serta musik yang lembut akan meningkatkan pengunjung. Musik yang berirama slow ditambah dengan wangian tertentu akan mensugesti pembeli untuk melihat- lihat dan berbelanja dengan tenang tanpa tergesa- gesa. Hal ini berbeda bila yang digunakan musik yang berirama keras. Restoran dengan aroma masakan dari dapur akan dapat menbangkitkan selera

Temperatur Udara

Temperatur udara dengan suhu tertentu serta aroma wewangian akan sangat menunjang kenyamanan. Calon pembeli menjadi betah untuk berlama-lama, melihat- lihat dan berbelanja. Untuk itu pada sebuah toko umumnya menggunakan alat pendingin ( AC )

Kebersihan

Masalah kebersihan toko memegang peranan yang penting. Betapa bagusnya eksterior dan interiornya namun bila tidak didukung dengan pemeliharaan kebersihan, maka kesan terhadap toko menjadi menurun. Pemeliharaan kebersihan meliputi; lantai, rak pajangan, barang dagangan, dinding, jendela, pintu dan yang lainnya. Kebersihan toilet, tempat sampah harus dikosongkan secara teratur. Alat yang umum digunakan untuk menjaga kebersihan adalah Vacum cleaner

Keseluruhan hal tersebut diatas harus direncanakan dengan baik sehingga dapat menimbulkan kesan positif terhadap toko.
__________________
Toprankindonesia.com | cari kursi kantor |
rank123 is offline   Reply With Quote
Sponsored Links