View Single Post
Old 3rd March 2016, 10:53 AM   #2
9capsokue
Sek. RT
 
9capsokue's Avatar
 
Join Date: 23 Jul 2015
Userid: 4108
Location: Jakarta
Posts: 21
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Re: Perlebar Jalan, 20 Bangunan di Bantaran Kali Gendong Dibongkar

Quote:
Originally Posted by partisusanti View Post
Jakarta - Sebanyak 20 bangunan yang berdiri di Jalan Gedung Pompa Muara Baru Ujung, RT20/RW17, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (11/1) dibongkar oleh petugas gabungan Satpol PP, Polri dan TNI.

Pembongkaran bangunan yang berada di akses jalan dari Rumah Pompa Waduk ‎Pluit tersebut dimaksudkan untuk memperlebar Jalan Inspeksi Kali Gendong menuju Rumah Susun Sewa Sederhana (Rusunawa) Muara Baru dan Jalan Muara Baru ‎Raya.

Koordinator Normalisasi Waduk dan Kali Pemprov DKI Jakarta, Heriyanto, mengatakan pembongkaran 20 bangunan yang dilakukan tersebut dimaksudkan untuk memperlebar akses Jalan Inspeksi yang selama ini sepanjang bahu kiri dan kanan dipenuhi bangunan liar warga.

"Normalisasi Kali Gendong akan dipercepat, apalagi dalam menghadapi musim hujan yang akan mencapai puncaknya pada Februari 2015 nanti," ujar Heriyanto, Senin (11/1) pagi di lokasi pembongkaran.

‎Warga yang rumahnya dibongkar tersebut, menurut Heriyanto, sudah dipindahkan ke Rusunawa Muara Baru dan sudah mengosongkan unit rumahnya yang dibongkar hari ini.

Total hingga pekan pertama Januari 2016 ini, Pemprov DKI Jakarta sudah membongkar 1.200 dari total 2.000 bangunan yang ada di sisi bantaran Kali Gendong.

"Sebanyak ‎800 bangunan sisanya akan kami bongkar secara bertahap hingga Desember 2016 sembari menunggu Rusunawa yang ada di Muara Baru ini selesai dibangun oleh Pemprov DKI. Kami prioritaskan rumah warga yang riskan runtuh," lanjut Heriyanto.

‎Lebih lanjut, ia mengungkapkan pembongkaran 800 rumah yang ada di Jalan Gedung Pompa akan dilakukan sepanjang 2.000 meter (2 km), dengan lebar jalan setelah dilakukan peninggian dan pelebaran jalan, maka lebar jalan menjadi 7,5 meter‎.

Secara teknis pembongkaran bangunan di Waduk Pluit dilakukan tiga tahap utama, yakni Tahap Pertama: 2.000 bangunan di Penampang Basah Waduk Pluit (sudah selesai dibongkar sejak 2015 lalu); Tahap Kedua: 2.000 bangunan di ‎sepanjang bantaran Kali Gendong (saat ini baru selesai 1.200 bangunan, ditargetkan selesai akhir 2016); Tahap Ketiga: 3.‎000 bangunan di sepanjang daratan Kali Gendong (area daratan yang menjorok hingga ke tengah Waduk Pluit, ditargetkan selesai pada 2017).

"Untuk memperlancar proses pemindahan, kita lakukan sosialisasi kepada warga‎ untuk pindah meski Rusunawa yang akan menjadi lokasi hunian pengganti kita upayakan di Rusunawa yang masih tersedia, seperti di Rusunawa Budha Tzu Chi atau Rusunawa Komarudin," tambah Heriyanto.

‎Menurut hasil pengamatan SP di lokasi, dalam pembongkaran yang dilakukan oleh anggota gabungan Satpol PP, Polisi, dan TNI, tidak tampak perlawanan dari warga.



http://www.beritasatu.com/megapolita...dibongkar.html
hmmm,, setelah pembongkaran dan penertiban bangunan di kalijodo, ternyata ada lagi yah pembongkaran bangunan selanjutnya, ane baru tau sih. Semoga hasil dari pembingkaran bangunan ini bisa lebih terlihat dan lebih di rasakan oleh masyarakat hasilnya, agar semuanya tidak ada yang dirugikan yah.
__________________
PT Palusewu Perkasa:Perusahaan kontraktor bangunan dan kontraktor pabrik di Indonesia yang menyediakan jasa pancang yang kokoh
9capsokue is offline   Reply With Quote