View Single Post
Old 18th February 2013, 04:11 PM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 22 Jan 2013
Userid: 806
Posts: 4
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Tips Memilih Wine Berkualitas dari Sang Ahli



Meskipun wine kurang familiar dengan lidah orang Indonesia, namun tak sedikit yang menjadikan minuman anggur sebagai favorit. Wine berkualitas dan enak bisa dibedakan. Simak tips dari sang ahli berikut ini.

Yohan Handoyo, ahli wine dari Dimatique telah sukses mengenalkan wine berkualitas pada masyarakat Indonesia. Buku "Rahasia Wine" yang diterbitkannya pun membuatnya meraih medali emas di London sebagai The Best Wine Education Book in The World.

Yohan Handoyo memang memiliki cerita panjang dalam menyeruput kesuksesan dibalik segelas wine. Namun pada intinya, ia benar-benar ingin mengenalkan wine berkualitas pada orang awam sekalipun. Bagi mereka yang belum pernah mencicipi wine, tentu sulit membedakan wine yang bagus.

“Wine bukan produk kuliner orang Indonesia dan di Asia secara umum. Masalah untuk orang-orang di Asia ketika berhadapan dengan wine adalah mereka tidak bisa membedakan wine bagus dan enak karena ini adalah dua hal yang berbeda. Wine yang enak adalah wine yang saat kita minum, pas di lidah kita, tanpa memandang harga dan dari mana wine tersebut berasal. Sedangkan wine yang bagus adalah bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama, punya kompleksitas, balance, dan memiliki after taste yang panjang. Tapi, tidak semua orang suka dengan wine tersebut,” jelas Yohan Handoyo.

Bila selama ini masyarakat mengenal wine yang berkualitas bagus ialah dari Eropa, ternyata Wine produksi Australia pun tak kalah bagus. Wine tetaplah hanya sari anggur yang mengalami fermentasi. “Wine adalah jus anggur yang mengalami fermentasi jadi sebenarnya rasa wine adalah rasa jus anggur. Perkara ada aroma lain dalam sebuah produk wine hanyalah masalah jenis anggur yang digunakan karena tidak ada tambahan produk lain saat pembuatan wine,” papar Yohan.

Pada intinya dalam membedakan wine berkualitas diperlukan hobi dalam menenggak wine itu sendiri. Bila baru pertama kali meneguk wine, yang paling penting ialah memilih mana wine yang disukai. Seperti contohnya Bellilsirno Moscato, wine yang mudah ditemukan di toko wine Jakarta sebagai minuman berkualitas. Wine dari Dimatique itu memiliki rasa manis dan kadar alkohol rendah juga aroma leman dan muscat.
ayuatmaja is offline   Reply With Quote
Sponsored Links