View Single Post
Old 16th March 2016, 09:03 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 23 Aug 2014
Userid: 2443
Posts: 597
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Post Penyakit Batu Ginjal Diawali Dengan Nyeri Pinggang

Penyakit Batu Ginjal Diawali Dengan Nyeri Pinggang

Penyakit Batu Ginjal Diawali Dengan Nyeri PinggangNyeri pinggang biasanya dikaitkan sebagai gejala permasalahan di otot, Padahal menurut dokter nyeri pinggang juga bisa menjadi gejala adanya penyakit batu ginjal. dr Charles M Hutasoit, SpU dari Urology Centre RS Siloam Kebon Jeruk mengatakan nyeri pinggang merupakan gejala utama adanya batu ginjal, Nyeri pinggang pada gejala batu ginjal dikatakannya berbeda dengan nyeri pinggang akibat adanya masalah otot.




“Kalau nyeri pinggang karena masalah otot biasanya membaik setelah mengubah posisi, Namun nyeri pinggang pada batu ginjal tidak hilang, miring kiri, kanan, tengkurap tetap terasa nyeri,” tutur dr Charles, dalam temu media di RS Siloam Kebon Jeruk, Jl Raya Perjuangan, Jakarta Barat. Nyeri pinggang karena batu ginjal juga tidak akan hilang setelah diurut atau dipijit meski begitu, nyeri ini perlahan-lahan akan berkurang karena tubuh sudah beradaptasi.
Celakanya, nyeri hilang bukan berarti batu ginjal sudah sembuh, Dikatakan dr Charles bahwa jika tak tertangani nyeri akan muncul lagi namun akan lebih hebat. Jika ini terjadi, bisa dipastikan batu ginjal sudah semakin membesar, dr Marto Sugiono, koordinator Urology Centre RS Siloam Kebon Jeruk mengatakan bahwa jika nyeri pinggang muncul disertai dengan kencing berdarah atau kencing berpasir, batu ginjal sudah harus ditangani.
Baca juga : Pengobatan Kanker Tiroid
astianisa is offline   Reply With Quote
Sponsored Links