View Single Post
Old 19th March 2016, 02:27 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Sep 2014
Userid: 2479
Posts: 190
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default makanan yang baik untuk penderita gagal ginjal

Bagi penderita gagal ginjal dalam asupan makanannya mesti ektrak hati-hati, lantaran didapati pola makan yang tidak hati-hati mampu memperparah kondisi bagi penderita gagal ginjal. Bagi penderita gagal ginjal umumnya tidak disarankan untuk makan buah dan sayur yang banyak. Walaupun buah & sayur itu makanan yang bauk untuk orang sehat, tetapi bagi penderita gagal ginjal makanan ini berpotensi memperparah kesehatan anda.

Seandainya belum menjalani dialisis (cuci darah), dianjurkan untuk melalkukan diet rendah protein 40-45 gram/hari. Hal ini tentunya tergantung fungsi ginjal penderita tersebut, yang bisa diketahui dengan pemeriksaan laboratorium creatinine clearance test. Dilakukan dialisis seandainya fungsi ginjal kurang dari 15%.

Bagi penderita gagal ginjal kronis, sangat disarankan untuk menjalani diet yang ketat dengan beberpa tujuan, yaitu : Mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh dan mejaga supaya pasien gagal ginjal terus dapat beraktivitas seperti orang normal.

Berikut buah buahan yang baik untuk pernderita gagal ginjal :

1 Stroberi

Buah yang pada biasanya tumbuh terhadap daerah yang bersuhu dingin ini sangat segar dan disukai tidak sedikit orang, tapi dibalik kesegaran dan dari warna merahnya itu memiliki kandungan senyawa yang teramat melimpah adalah senyawa anthosianin serta alegitanin. Buah strawberry serta dikenal memiliki senyawa antioksidan yang amat sangat baik untuk tubuh diluar itu juga vitamin c, serat menjadikan buah ini amat sangat baik seandainya dikonsumsi secara rutin.

2. Buah Zaitun


Buah yang satu ini bakal dikatakan juga buah khas dari daerah kawasaan mediterania, bersama mengambil manfaatnya yang bisa berasal dari minyaknya atau juga akan mengkonsumsi buah secara utuh. Saat Ini Ini sudah banyak orang menggunakan khasiat dari buah ini yang disebut juga buah super komplit khasiatnya yang bisa juga sebagai antioksidan, anti inflamasi, anti bakteria, dan pun yaitu salah satu makanan yang amat direkomendasikan bagi para penderita tidak berhasil ginjal sebagai pencegahan terhadap stress oksidatif pada kerusakan ginjal.

3. Blueberry

Dengan mengonsumsi buah blueberry baik itu dengan cara dijus ataupun cepat dimakan bisa menolong melindungi tubuh dari komplikasi penyakit yang lain akibat tidak berfungsinya organ ginjal sebagaimana normalnya. Didalam buah yang berwarna biru keunguan inilah tersimpan senyawa antosianidin. Tak hanya itu buah blueberry ini pun memiliki kapabilitas untuk menjaga kesehatan organ otak bahkan serta dapat memperlambat dan mencegah terjadinya penuaan lebih awal.

4. Buah Anggur Merah


Siapa sih yang tak suka dengan buah yang satu ini? hampir semua orang yang ditanyakan pertanyaan ini pasti menyatakan menyukai. Tahukah anda didalam buah anggur ini khususnya yang berwarna merah memiliki senyawa yang bernama flavonoid. Senyawa ini juga memberikan pengaruh yang “sangat baik” didalam tubuh seperti mencegah terjadinya komplikasi akibat dari efek penyakit gagal ginjal dan mencegah terjadinya bisa saja pembekuan terhadap darah. Tak Cuma itu juga buah anggur ini memiliki senyawa resveratrol yang memberikan efek “santai” terhadap otot hingga menjadikan pembuluh darah mengalirkan darah dengan lancar.

5. Konsumsi Putih Telur

Putih telur sanggup dijadikan altternatif makan sehat yang lain bagi penderita tak sukses ginjal juga sebagai sumber protein yang baik. Didalam elemen ini putih telur menyediakan asupan asam amino esensial yang baik sehingga layak dijadikan salah satu daftar menu diet sehat yang baik bagi penderita gagal ginjal.

6. Sumber Protein “Ikan”

Ikan menjadi pilihan sesuai untuk menggantikan daging, selain lebih menyehatkan namun juga kaya dapat kandungan senyawa Asam Omega 3 yang telah dikenal amat baik untuk tubuh. Mengolah ikan yang sesuai dengan cara direbus lebih menyehatkan bila di bandingkan diolah dengan cara digoreng ataupun dibakar. mengonsumsi ikan dapat menambah kadar HDL juga menekan dan menurunkan kadar LDL didalam darah. Jadi mulailah dari saat ini menyukai mengkonsumsi ikan.

7. Sayur Kubis atau kol.

Beruntunglah bagi anda yang senang sayur-sayuran khususnya sayur kubis, didalam syur ini memiliki senyawa fitokimia dan serta senyawa sulforaphane. Dengan kemampuan untuk menghancurkan penyebab radikal bebas dan pula sayur kubis ini kaya akan serat, vitamin C juga vitamin K.

Sumber: makanan yang baik untuk penderita gagal ginjal
ujnagsopian is offline   Reply With Quote
Sponsored Links