View Single Post
Old 15th August 2012, 01:42 PM   #7
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Selasa, 14 Agustus 2012 11:51 WIB

Proyek Waduk Jatigede Senilai Rp4 Triliun Rampung Tahun Depan


http://jaringnews.com/ekonomi/umum/2...ng-tahun-depan



Quote:
Proyek itu diharapkan rampung sesuai target semula yakni akhir tahun 2013.

JAKARTA, Jaringnews.com - Pemerintah memutuskan terus melanjutkan pembangunan Waduk Jatigede di Jawa Barat yang menelan investasi US$400 juta atau hampir Rp4 triliun. Proyek yang akan mengairi 90 ribu hektar sawah dan menyediakan listrik 110 megawatt itu diharapkan rampung sesuai target semula, yakni akhir tahun 2013.

"Waduk ini adalah waduk terbesar kedua setelah Jatiluhur. Waduk ini sudah digagas pada tahun 1963 dan diselesaikan desainnya pada tahun 1980-an. Saat ini pembangunan sedang berjalan," kata Menko Perekonomian, Hatta Rajasa, seusai rapat koordinasi membicarakan pembangunan waduk tersebut di kantornya hari ini (14/8).

Hadir pada rapat tersebut antara lain Menteri Keuangan, Meneg Perencanaan Pembangunan Negara/Kepala Bappenas, Menteri PU, Kepala BPN dan Gubernur Jawa Barat.

Menurut Hatta, rapat pagi itu memutuskan agar penyelesaian Waduk Jatigede sesuai dengan jadwal yaitu pada akhir 2013. "Soalnya kita terikat dengan kontrak pembangunan waduk tersebut yang pembiayaannya berasal dari pinjaman dari China dan sebagian dengan dana Rupiah kita," tutur Hatta.

Hatta tidak memungkiri bahwa pembebasan lahan yang sudah dimulai pada tahun 1980-an masih menyisakan masalah sosial. "Masih ada saudara-saudara kita yang masih tetap disana. Oleh karena itu diperlukan verifikasi. Kesimpulannya adalah pentingnya membentuk tim verifikasi yang nantinya dilakukan oleh BPKP.
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote