View Single Post
Old 15th August 2012, 01:43 PM   #10
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

PEMBANGUNAN BANDARA KERTAJATI BISA DIPERCEPA

http://www.antarajawabarat.com/lihat...isa-dipercepat

Quote:
ANTARAJAWABARAT.com, 9/8 - Wakil Gubernur Jawa Barat H Dede Yusuf menyatakan pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati Kabupaten Majalengka sangat potensial untuk bisa dipercepat.

"Saat ini pembebasan lahan di sana sudah mencapai 650 hektare, luasnya sudah melebihi luasan Bandara Adisucipto Yogyakarta yang hanya 600 hektare. Melihat kondisi itu pembangunannya sebenarnya sudah bisa dipercepat," kata Dede Yusuf di Bandung, Kamis.

Menurut Dede, Bandara Kertajati rencananya dibangun di atas lahan 1.500 hektare yang akan disinergitaskan dengan pembangunan kawasan 'Aerocity'.

Pembebasan lahan Bandara Kertajati hingga saat ini sudah mencapai Rp400 miliar. Namun demikian proses pembebasan lahan berikutnya masih terkendala beberapa hal yang memerlukan peran serta pemerintah.

"Perlu ada peran serta pemerintah pusat yang lebih besar lagi untuk prosesnya, pembangunan bandara itu sangat strategis karena akan berdampak pada peningkatan ekonomi," kata Dede Yusuf.

Selain itu, Jabar sebagai provinsi terbanyak penduduknya sudah layak memiliki bandara bertataf internasional. Bandara Husein Sastranegara Bandung selama ini sudah cukup padat dan terkendala dalam perluasan arealnya.

"Bandara Kertajati merupakan perluasan kawasan, sentra industri dan penggerak roda perekonomian Jabar," katanya.

Bandara Kertajati, kata Dede diharapkan menjadi penyangga Bandara Soekarno Hatta Banten yang saat ini sudah over kapasitas. Jumlah penumpang bandara itu 20 juta orang, sedangkan kapasitasnya 14 juta penumpang.

Terkait pelaksanaan lelang proyek pembangunan Bandara Kertajati, menurut Dede ada di kewenangan pemerintah pusat. Namun ia berharap ada upaya percepatan dalam pembangunan bandara itu sehingga bisa menjadi salah satu pengembangan ekonomi kawasan yang tertuang dalam MP3EI.

"Lelang tender merupakan kewenangan pemerintah pusat. Sedangkan pola pengelolaan dan pengembangan bandara itu banyak cara yang bisa dipilih," kata Dede Yusuf menambahkan.
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote