View Single Post
Old 4th April 2016, 06:35 PM   #1
Wk. RT
 
Join Date: 21 May 2015
Userid: 3863
Posts: 55
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Sungai Cijagra, Kesadaran Masyarakat atau Urusan Pemerintah?

Gundukan sampah pada sungai Cijagra bukan merupakan hal yang pertama kali terjadi, setidaknya begitu menurut masyarakat Kampung Cijagra, Desa Bojongsoang, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Namun, tidak diketahui secara pasti dari mana saja sampah tersebut datang, menurut masyarakat sekitar, adalah perilaku beberapa oknum pengendara yang sering membuang sampah rumah tangga mereka ke sungai Cijagra. Diperkirakan jumlah sampah yang bertambah mencapai 7 meter kubik per harinya yang menyebabkan tumpukan sampah tersebut setidaknya memiliki panjang 40 meter, lebar 20 meter dan tinggi 1 meter. Dengan timbunan sampah sebanyak itu, bahkan warga bisa berjalan di atas tumpukan sampah tanpa harus kuatir akan tenggelam. Hal tersebut juga menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius bagi masyarakat sekitar.

Pemerintah Kota Bandung bersama dengan Pemerintah Bandung telah berusaha menangani masalah ini dengan mengerahkan unit khusus untuk mengangkut sampah. Namun, bahkan setelah dibersihkan, tumpukan sampah kembali terlihat dalam waktu yang relatif singkat.

Melihat berbagai fakta barusan, siapakah yang harus disalahkan atas tumpukan sampah di sungai Cijagra? Apa solusi terbaik untuk menangani masalah sampah yang tidak kunjung usai tersebut?

Bagikan jawaban kalian di JBSS

Like and Share
Mega Rista is offline   Reply With Quote
Sponsored Links