View Single Post
Old 15th August 2012, 01:45 PM   #18
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Pemerintah Berencana Bangun Aerocity di Majalengka

http://pkps.bappenas.go.id/index.php...-di-majalengka



Quote:
Cirebon - Investor Daily (13/08/2012) : Pemerintah berencana membangun aerocity di Kertajati, Majalengka, menyusul akan dibangunnya bandara di kawasan tersebut. Aerocity akan dibangun di lahan seluas 3.200 hektare (ha). Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengakui adanya rencana pemerintah untuk membangun Bandara Kertajati dan belum mengubah rencananya. Selain Bandara, pemerintah juga berencana membangun aerocity di kawasan tersebut.

“Saya akan kawal pembangunan bandara. Dengan adanya pembangunan bandara dan aerocity tersebut, kawasan di sekitarnya akan ikut mengembangkan daerah di sekitar Majalengka,” ujar Hatta di Cirebon, sabtu (11/8). Hatta memaparkan, aerocity ini akan dibangun di lahan seluas 3.200 ha. Kelak, kawasan tersebut akan terdiri atas kawasan industri, hunian, rekreasi, dan kawasan komersial. Dengan demikian, Majalengka dapat menjadi pusat logistik untuk Jawa Barat.

“Salah satu akselerasi pembangunan kota biasa dimulai dengan pembangunan bandara atau pelabuhan, dengan adanya bandara, Majalengka dan sekitarnya akan terbangun,” ungkap dia. Guna merealisasikan pembangunan Bandara Kertajati, Pemerintah saat ini mengaku telah membebaskan lahan seluas 700 ha, yang sebenarnya sudah cukup untuk membangun satu runway (landasan pacu).

Pemerintah juga tengah membangun jalan tol Cikopo-Kalimanan. Pembebasan lahan untuk ruas tol tersebut kini sudah mencapai lebih dari 95%. Selain itu, pembangunan jalan tol dari Bandung ke Dawuan tengah dilakukan. Hatta menambahkan, pemerintah berencana membangun kereta api supercepat dari Jakarta-Bandung-Kertajati-Cirebon. Kajian terkait pembangunan tersebut tengah dilakukan dan pembebasan lahan seluas 1.800 ha tengah dilakukan.

Bangun Jalur Selatan

Hatta menuturkan, saat ini pemerintah juga tengah menyelesaikan pembangunan jalur selatan. Pembangunan jalan jalir tersebut bertujuan untuk menunjang kawasan ekonomi khusus (KEK). Tanjung Lesung yang telah ditetapkan oleh pemerintah menjadi kawasan pariwisata.

“Jalur selatan akan diselesaikan. Kami sudah menetapkan KEK di Tanjung Lesung, sehingga jalur selatan nantinya selain menunjang KEK, juga akan menumbuhkan wisata di sepanjang jalur itu, muali dari Pelabuhan Ratu, Pangandaran, tentunya Tanjung Lesung, dan wisata lain di sepanjang jalur selatan,” ungkap Hatta.

Hatta berharap, pertumbuhan kawasan wisata di jalur selatan yang disertai pembangunan infrastruktur jalur selatan dapat memecahkan kantong-kantong kemiskinan di wilayah tersebut. “Jalan dari Pelabuhan Ratu sampai Pangandaran harus tembus dan selesai. Mimpi saya, jalan di jalur selatan itu nanti seperti jalan raya dari San Fransisco ke Los Angles. Sekarang Menteri PU (Pekerjaan Umum) terus bangun tapi ini akan kami akselerasi. Ini akan memecahkan kantong-kantong kemiskinan,” tegas dia. (nti)
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote