View Single Post
Old 15th April 2016, 08:48 AM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 12 Mar 2016
Userid: 4955
Location: medan
Age: 25
Posts: 11
Real Name: Khair Khairuddin
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Tips Aman Dalam Memilih Kemasan Plastik

Dimana-mana kita pasti menemukan plastik,misalnya toples plastik dengan berbagai ukuran. Apakah itu sebagai wadah makanan, bungkusan atau hanya sebagai hiasan. Namun tahukah kita bahwa ada model bahan plastik yang aman untuk digunakan dan juga sangat berbahaya jika digunakan sesering mungkin.

Bahan plastik mana yang aman dan hanya bisa digunaka sekal pakai, berikut penjelasannya:
1. Kalo bahan plastik yang berkode 1, 3, 6, dan 7 (PC) harus digunakan sekali pakai karena memiliki bahaya secara kimiawi dan jika digunakan terus menerus bisa menyebabkan kanker.
2. Sedangkan bahan plastik dengan kode 2, 4, 5, dan 7 (SAN atau ABS) dapat aman digunakan.

Berikut ini akan kita berikan tips aman dalam menggunakan wadah berbahan plastik:

1. Jika membeli makanan semisal gorengan, kue-kue disarankan tidak menggunakan plastik kresek hitam, karena zat pewarna hitam yang terkandung dalam kresek itu terkena panas, bisa terurai dan terdegradasi menjadi bentuk zat radikal beracun yang berbahaya untuk kesehatan.

Karena menyebabkan sel tubuh berkembang tidak terkontrol yaitu kanker. Lebih baik menggunakan daun pisang atau kresek putih yang sudah dijamin sterilnya.

2. Jika anda punya bayi, sebaiknya gunakan botol plastik susu dengan kode jenis 4 atau 5, karena ini lebih aman dan steril.

3. Begitu juga halnya dengan cangkir minuman untuk bayi, gunakan kode jenis 4 atau 5 dan bisa juga gukanan wadah yang berbahan stainless steel.

4. Untuk dotnya itu mendingan pake yang silikon karena gak ngeluarin zat karsinogenik sebagaimana pada dot yang bahannya latex.

5. Jangan pake botol susu bayi dan cangkir bayi (lubang isepannya gitu) berbahan jenis 7 PC.

6. Jangan pernah menyimpan air dalam keadaaan panas di plastik dengan bahan polycarbonate. Panas air akan menyebabkan reasksi pada bahan polycarbonate tersebut.

7. Terkhusus bagi anak sekolah maupun kuliah, hindari menggunakan botol kemasan air minuman secara berulang. Karena botol kemasan ini hanya bisa digunakan sekali pakai aja.

Demi kesehatan lebih baik dihindari dan gunakan kemasan air dengan jenis yang lain.

8. Diingatkan kembali jangan pernah menggunakan plastik hitam untuk kemasan makanan yang berminyak, ini dampaknya sangat berbahaya bagi kesehatan.

9. Membungkus makanan dengan daun pisang atau kertas sebelum dibungkus plastik baik ketika dipanaskan di microwave.

10. Untuk keperluan rumah tangga lebih disarankan menggunakan peralatan makan dengan bahan dari kayu, stainless steel atau kermaik.

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Selamat mencoba ya sahabt forumkku

berkahkhair

Last edited by Khair; 18th April 2016 at 04:01 PM..
Khair is offline   Reply With Quote
Sponsored Links