View Single Post
Old 15th August 2012, 01:47 PM   #26
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

H-9, Jalur Mudik Selatan Masih Diperbaiki
http://www.tempo.co/read/news/2012/0...sih-Diperbaiki

Quote:
Kementerian Pekerjaan Umum boleh saja mengumumkan bahwa kegiatan proyek peningkatan/perbaikan jalan di jalur utama mudik dihentikan mulai sepuluh hari sebelum Hari Lebaran atau Kamis 9 Agustus 2012. Namun dari pantauan Tempo di jalur mudik selatan Jawa Barat dan sekitarnya, setidaknya tiga proyek peningkatan dan pembangunan jalan masih terus dikerjakan.

Salah satunya adalah proyek pelebaran jalan di Kampung Ciherang, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung. Hingga H-9, proyek pelebaran hingga 7 meter di salah satu sisi jalan di dekat mulut jalur Lingkar Nagreg dari arah Garut ini, para pekerja tampak mengerjakan proyek tersebut.

Sekitar 10 pekerja proyek ini tengah melakukan pemasangan beton di bawah pengawasan seorang mandor. "Proyek ini sudah dua bulan dikerjakan,"ujar sang mandor yang emoh menyebut nama maupun intansi/perusahaan tempatnya berdinas kepada Tempo, Jum''at 10 Agustus 2012.

Pria paruh baya mengakui Kementerian Pekerjaan Umum sempat mengumumkan agar semua proyek pembangunan jalan di kawasan jalur utama mudik Lebaran dihentikan pada H-10 Lebaran. Namun ia juga sempat menerima informasi lagi pekerjaan bisa tetap dilanjutkan namun pada Senin, 13 Agustus 2012, harus dihentikan.

"Karena itu soal penghentian kegiatan proyek ini, kami akan lihat perkembangan saja nanti,"kata mandor yang disebut-sebut bernama Joni dan konon dipercaya mengawasi proyek oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Bandung itu. Alasan dia pengerjaan proyek tersebut tidak mengganggu arus lalu lintas (kendaraan).

Proyek lain yang masih dikerjakan adalah pembangunan jalan dan jembatan (viaduct) baru Gentong, di Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya. Melihat lokasi pembangunan yang terletak di ketinggian, terang pengerjaan proyek ini tak langsung mengganggu arus lalu-lintas jalur lama Gentong yang terletak di bawahnya.

Jalan dan jembatan baru ini diharapkan bisa dioperasikan untuk sementara di musim Lebaran kali ini. "Sesuai kontrak, proyek ini sebenarnya baru bisa dioperasikan setelah semuanya beres pada 9 Oktober nanti,"ujar penanggung jawab teknis proyek, Didin Mahrudin, kepada Tempo.

"Namun ada permintaan dari pemerintah agar jalan dan jembatan ini bisa fungsional beberapa hari menjelang Lebaran sampai H+5 Lebaran," katanya.

Polres Kota Tasikmalaya dan Polda Jawa Barat adalah salah satu pihak yang berharap jalan baru Gentong bisa beroperasi pada musim arus mudik dan balik Lebaran. Karena jalur baru ini bisa mengurangi kemacetan lalu-lintas di jalur reguler Gentong.

"Jalan baru ini bisa mengurangi tiga titik rawan di jalur Gentong dari 9 titik menjadi 6 titik. Kalau jalan baru ini bisa dioperasikan dalam Lebaran sekarang, ini akan membuat pelayanan kami bisa lebih baik lagi," kata Kepala Polres Kota Tasikmalaya Ajun Komisaris Gupuh Setiyono saat dihubungi siang tadi.

Selain proyek di Ciherang dan Gentong, Tempo juga menemukan dua proyek lain yang masih dikerjakan hingga petang tadi. Yakni, perbaikan median jalan jalaur Cileunyi dan proyek peningkatan jalan di jalan tol Padalarang-Cileunyi antara Km 130-an dan Km 140-an.

Tempo juga sempat memantau proyek pelebaran di dua jalur alternatif mudik yakni di jalur Bandung-Cijapati-Garut dan jalur Banjar-Manonjaya-Tasikmalaya. Namun saat Tempo melintas, proyek di Cijapati tampak sedang dihentikan dulu. Begitupun proyek jalur alternatif Manonjaya, tepatnya di Desa Ancol, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya.
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote