View Single Post
Old 15th August 2012, 01:48 PM   #28
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Jalur Pantura Jawa Barat Rampung

http://www.iannnews.com/NusantaraNew...kat=3&bid=7319



Quote:
(IANN News) Indramayu - Hingga Senin (6/8/2012), perbaikan jalan di jalur pantai utara Jawa Barat di wilayah Cirebon dan Indramayu secara umum telah rampung. Namun, perbaikan di titik tertentu sedikit terlambat dari target penyelesaian 14 hari sebelum Lebaran (H-14) sebagaimana dipatok pemerintah.

Berdasarkan pantauan di lapangan sejak akhir pekan lalu, dua jembatan yang diperbaiki di ruas pantura Cirebon-Brebes, yakni Jembatan Ender dan Jembatan Kanci, sudah bisa dilintasi kendaraan. Begitu pula dengan pemasangan beton di jalur pantura Cirebon-Indramayu, yakni di kawasan Tegalgubug, Kabupaten Cirebon, sudah rampung pada pekan lalu.

Proyek perbaikan jalur pantura yang sedikit terlambat terdapat di wilayah Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu. Proyek perbaikan jalan sepanjang 3 kilometer itu ditargetkan selesai pada 2 Agustus lalu. Namun, proyek itu baru rampung pada 5 Agustus, akhir pekan lalu.

Kepala Proyek Perbaikan Jalan Wilayah Losarang Asmara mengatakan, keterlambatan itu disebabkan suplai aspal dari Cilacap, Jawa Tengah, yang datang terlambat.

Hingga Senin siang, praktis semua pengerjaan jalan di wilayah pantura Cirebon dan Indramayu sudah selesai. Yang belum rampung hanya pembangunan median jalan sepanjang 1 kilometer di wilayah Losarang, Indramayu. Proyek itu akan dilanjutkan setelah Lebaran.

Kepala Balai Besar Wilayah Jalan Pantura Jabar Masrianto mengatakan, tahun ini negara menganggarkan Rp 900 miliar untuk perbaikan jalur pantura di wilayah Jabar.

Ia menampik anggapan bahwa perbaikan terus-menerus itu dilakukan untuk menangguk untung dari proyek jalan. ”Perbaikan jalur pantura tidak dimaksudkan untuk menyiapkan arus mudik saja. Perbaikan ini terus-menerus,” katanya.

Sementara itu, aktivitas perbaikan antara lain masih berlangsung di daerah Purwasari, Kabupaten Karawang.

Tempat yang diperbaiki tahun ini antara lain ruas Cikarang-batas Kabupaten Karawang, Jalan Surotokunto di Karawang (2,1 km), Karawang-Cikampek (2 km), dan Ciasem-Pamanukan (18,5 km).

Denpasar-Gilimanuk

Sejumlah proyek perbaikan jalan dan jembatan juga masih berlangsung di jalur mudik dari Denpasar menuju Gilimanuk, Jembrana, Bali. Proyek perbaikan itu antara lain pelebaran dan pengaspalan jalan serta pembangunan jembatan.



Terkait hal itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali I Ketut Artika, di Denpasar, mengatakan, proyek perbaikan jalan ruas Denpasar-Gilimanuk umumnya proyek pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum karena merupakan ruas jalan nasional.

Adapun kondisi ruas-ruas jalan vital di Balikpapan, Kalimantan Timur, yang akan ramai dilintasi pemudik Lebaran masih belum layak. Ruas jalan menuju Pelabuhan Kariangau, Balikpapan, misalnya, masih banyak lubang, bergelombang, dan minim penerang jalan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Permukiman, Prasarana Wilayah Kaltim Taufik Fauzi mengakui hal itu. ”Aspal jalan bisa untuk menahan beban 8 ton. Namun, jika yang lewat truk-truk 8-12 ton, bahkan mungkin lebih, jalanan akan terus berlubang. Sudah saatnya mutu jalan ditingkatkan, setidaknya dengan full cor beton. Kami sudah coba usulkan perbaikan total lewat APBN dengan asumsi biaya sekitar Rp 1 miliar per kilometer,” kata Taufik Fauzi.
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote