View Single Post
Old 15th August 2012, 02:07 PM   #35
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

MP3EI: Usulan konsep ekonomi hijau disambut baik

http://www.bisnis.com/articles/mp3ei...-disambut-baik



Quote:
JAKARTA: Kementerian Koordinasi Perekonomian menyambut baik usulan Bappenas menggabungkan konsep ekonomi hijau dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia.

Luky Eko Wuryanto, Deputi Bidang Infrastruktur dan pengembangan Wilayah Kemenko Perekonomian, mengatakan konsep tambahan ekonomi hijau tidak akan menghambat proses pelaksanaan MP3EI. Pasalnya, sejak awal perencanaan sudah mempertimbangkan dampak terhadap lingkungan.

“[konsep green economy] tidak akan menimbulkan masalah, karena sejak awal memang memperhitungkan masalah lingkungan,” katanya kepada Bisnis,Minggu (12/8/2012).

Berdasarkan data pemerintah, realisasi proyek MP3EI sampai pertengahan tahun 2012 baru 36 proyek atau 65% dari total rencana yang mencapai 59 proyek dengan nilai investasi Rp370 triliun.

Umumnya, pelaksanaan terkendala regulasi birokrasi, seperti tumpang tindih izin usaha pertambangan dan rencana tata ruang wilayah (RTRW).

Selain itu, terdapat pula sembilan proyek MP3EI dengan nilai investasi mencapai Rp300 triliun yang terhambat oleh persoalan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH).

Luky menjelaskan tertundanya groundbreaking [pemancangan perdana] sejumlah proyek MP3EI karena masalah izin terkait lingkungan hanya bagian dari proses yang harus dilalui. Tahapan tersebut, katanya, merupakan hal wajar dalam pelaksanaan proyek.

“Intinya bukan sepenuhnya terhambat atau terkendala tetapi hanya tertunda karena pertimbangan tertentu,” tegasnya.
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote