View Single Post
Old 13th May 2016, 03:22 PM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 12 Mar 2016
Userid: 4955
Location: medan
Age: 25
Posts: 11
Real Name: Khair Khairuddin
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Bagaimana Menanam Bunga Mawar? Yuk Baca Artikel Berikut Ini

Bunga merupakan bagian terpenting dari suatu tumbuhan karena dengana danya bunga akan membantu proses perkembangbiakan (reproduksi) suatu tanaman. Bunga mawar tergolong kedalm bunga yang tidak lengkap. Artinya ada bagian-bagian bunga yang tidak dimiliki oleh bunga mawar misalnya saj putik sari.

Bunga biasanya muncul pada jenis tanaman yang berbunga. Setiap bunga memiliki beberapa bagian yang masing-masing berperan satu sama lain, setiap bagian ini memiliki keunikan tersendiri dimana saling melengkapi agar bunga dapat tumbuh menjadi lebih sempurna sehingga dengan begitu orang yang memandang akan menyukainya.



Menanam bunga mawar dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya yaitu dengan cara stek batang, okulasi ataupun dapat juga dengan menanam menggunakan biji. Namun cara yang sering diminati dan dilakukan oleh orang yang ingin menanam bunga mawar di dalam pot adalah dengan cara stek batang.

Menanam bunga mawar di dalam pot dengan cara stek memang lebih mudah. Tidak ada perawatan khusus untuk menanam Bunga Mawar. Anda hanya memerlukan media tanam berupa tanah yang berhumus serta drainase yang baik.

Sebelum mulai menanam, siapkan hal-hal berikut ini tentang cara menanam bunga mawar untuk mempermudah proses penanaman nantinya. Siapkan pot. Sebaiknya pilih pot yang terbuat dari tanah liat, tembikar atau semen cor.

Pot yang terbuat dari bahan plastik tidak memiliki pori-pori dan lembab, sehingga menyebabkan suplai oksigen kurang serta membuat akar bunga mawar menjadi mudah busuk. Saat memilih batang untuk dijadikan stek, ambilah batang yagn berada di bagian tengah ranting cabangan.

Janganlah memilih dan mengambil stek pada batang yang masih muda ataupun yang berada di bagian ujung cabang ranting, karena bagian tersebut akan lebih susah untuk tumbuh.

Elemen utama dari cara menanam bunga mawar yang benar ialah tanah yang subur, pupuk, air serta batang stek bunga mawar itu sendiri. Letakan batu-batu kecil atau potongan batu bata di dasar pot agar air dapat meresap keluar.



Lalu masukkan tanah yang subur dan beri pupuk agar nantinya tanaman dapat berkembang dengan baik. Tancapkan batang bunga mawar dan siramlah dengan air. taruhlah bunga mawar yang telah ditanam tadi ke tempat yang lembab dan tidak terkena sinar matahari secara langsung agar tunas lebih cepat tumbuh.

Setelah tunas sudah tumbuh, pindahkan pot bunga mawar ke tempat yang terkena sinar matahari agar dapat melakukan fotosintesis.

Setelah berumur 1-2 bulan, siramlah bunga mawar tadi secara teratur pada waktu pagi dan sore. Jangan lupa untuk memberinya pupuk agar bunga mawar dapat bertumbuh dengan baik. Jangan lupa lakukan pemangkasan secara rutin agar tanaman bunga mawar menjadi terangsang sehingga rajin berbunga.

Pemangkasan juga diperlukan dengan memootong daun yang Anda anggap tidak perlu, agar pemasukan makanan bisa mencukupi.

Jika ingin dipindah ke tanah halaman, ikuti cara menanam bunga mawar di halaman berikut ini. Buatlah lubang dengan kedalaman minimal 50cm. Isi dengan tanah subur dan pupuk. Saat awal penanaman, mawar perlu disiram setiap hari dengan air yang banyak.

Tapi perhatikan, siramlah hanya pada tanahnya. Pilih waktu penyiraman saat pagi hari dimana belum ada sinar matahari atau sore hari dimana sudah tidak ada lagi sinar matahari. Ingat hanya tanahnya saja yang disiram jangan daunnya karena daun tanaman mawar rawan kering bila terkena air.

Pada saat musim berbunga, mawar memerlukan banyak air. Sirami dengan melimpah. Bila tanaman mawar sudah berumur 2 tahun, frekuensi penyirama sudah dapat dikurangi menjadi 4 hari sekali. Ingat, saat menyiram pastikan kondisi tanah harus benar-benar basah agar air dapat sampai ke akar sehingga kebutuhan air pohon mawar terpenuhi.

Lalu bagaimana cara merawat bunga mawar? Perawatan mawar tidak hanya sebatas pada penyiraman setiap hari, Anda juga sebaiknya membersihkan gulma dalam pot atau pada tanah halaman disekitar pohon mawar tumbuh.

Pemupukan juga diperlukan sebelum mawar Anda berbunga, tengah berbunga, dan ketika kuntum bunga mawar tampak layu. Sebaiknya upayakan untuk memakai peneduh jaring diatas tempat Anda menanam bunga mawar, agar mawar dapat bertumbuh lebih maksimal. Pangkaslah secara teratur daun-daun yang mulai kering.

Perhatikan juga, bahwa bunga mawar kerap dihinggapi serangga maupun jamur. semprot mawar Anda dengan obat hama supaya bunga dan tanaman mawar Anda tidak mudah terjangkit penyakit.

Jika ingin memetik mawar, gunakanlah pisau yang tajam dan potonglah tangkai mawar secara miring supaya air cepat terserap masuk. Anda juga dapat metakkan jerami dan rerumputan yang telah dipotong-potong hingga menutupi tanah di sekitar akar. Teknik ini bertujuan untuk menghindari pertumbuhan gulma.

Demikianlah cara mudah menanam bunga mawar serta cara mudah merawat bunga mawar. Anda memiliki pengalaman indah dengan bunga mawar? Mari bagikan dikolom komentar. Terimakasih.

Baca juga cara menanam bunga melati
Khair is offline   Reply With Quote
Sponsored Links