View Single Post
Old 17th May 2016, 03:18 PM   #1
Ketua RT
 
numpanglewat's Avatar
 
Join Date: 15 Feb 2016
Userid: 4855
Posts: 137
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Bingung Memilih Hosting? Begini Caranya



Ketika ingin memulai bisnis online dan membangun sebuah toko online, salah satu hal pertama yang harus kita pertimbangkan adalah pemilihan hosting. Hosting adalah ujung tombak bagi keberlangsungan bisnis online. Seberapa bagus dan cepat situs kita ketika diakses bergantung pada hosting yang kita gunakan.

Dalam memilih dan menentukan web hosting berkualitas untuk website toko online, kita harus benar-benar teliti dan memahami dengan baik apa saja kelebihan dan kekurangan dari setiap hosting. Secara umum, hosting bisa dibedakan menjadi 3 berdasarkan kegunaannya, yaitu shared hosting, VPS hosting dan dedicated hosting.

1. Shared Hosting

Sama seperti namanya, shared hosting adalah hosting yang digunakan secara bersama-sama dalam satu server oleh beberapa akun sekaligus. kelebihan shared hosting adalah harganya yang relatif lebih terjangkau dan murah dibandingkan lainnya, sedangkan kekurangannya memiliki performa dan sumber daya yang sangat terbatas. Karena resource atau sumber daya yang dimiliki shared hosting ini akan digunakan secara bersama-bersama oleh banyak pengguna. Jadi, ketika ada salah satu pengguna yang memakan terlalu banyak resource, maka pengguna lain akan terganggu atau terkena dampaknya.

Tapi bagi pemula, mungkin ini adalah pilihan yang bagus, karena biasanya shared hosting telah dilengkapi beberapa aplikasi dasar seperti web server, database, CMS, email, dan lainnya, sehingga lebih mudah dalam mengelolanya.

2. VPS Hosting

Perbedaan terbesar antara VPS hosting dan Shared hosting adalah memiliki sumber daya yang lebih baik. Meskipun pada VPS hosting kita juga akan berbagai ruang di dalam saru server yang sama, tapi semua sumber daya yang ada akan dialokasikan secara terpisah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Karena memiliki sumber daya sendiri, maka kita memiliki akses dan kontrol penuh terhadap website dan seisinya.

VPS hosting ditujukan untuk pengguna yang lebih advanced, karena semua pengelolaannya dilakukan secara manual dan sendiri, seperti menginstal aplikasi, database, web server, dll. Jadi, kita harus paham tentang dasar-dasar sistem operasi baik itu Linux maupun Windows.

3. Dedicated Hosting

Ini merupakan salah satu pilihan hosting terbaik yang tersedia. Sebuah dedicated hosting adalah server fisik dimana kita bisa menginstal sistem operasi dan control panel sendiri, serta melakukan pengaturan-pengaturan secara penuh pada server tersebut. Meskipun jenis hosting ini jauh lebih mahal dari VPS, kita hanya perlu membayar untuk space dan spesifikasi yang memang benar-benar kita butuhkan.

Hosting jenis ini biasanya digunakan untuk kebutuhan skala besar atau lebih kompleks. Ada dua jenis dedicated hosting, yaitu managed dan unmanaged. Untuk versi managed memang jauh lebih mahal dibandingkan unmanaged, karena pengelolaan dilakukan oleh vendor bukan kita sendiri.

Terlepas dari jenis hosting yang kita pilih, pastikan untuk mempertimbangkan 5 fitur berikut ini:
  • CPU
  • RAM
  • Hardisk
  • File Access (I/O)
  • Speed

Dari ketiga jenis hosting di atas, semoga bisa memberikan gambaran yang jelas bagaimana memilih hosting terbaik untuk toko online-mu. Cari hosting terbaik? Bila kamu masih bingung bikin online shop, Kamu bisa mencoba buat Toko Online dengan Jejualan.com Aman, Cepat & Mudah.

Last edited by numpanglewat; 17th May 2016 at 03:22 PM..
Likes:(1)
numpanglewat is offline   Reply With Quote
Sponsored Links