View Single Post
Old 19th June 2016, 03:52 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 10 Jan 2016
Userid: 4760
Posts: 253
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Membuat Tulisan Kaligrafi

Cara Membuat Tulisan Kaligrafi Sederhana

Menyebutkan kaligrafi pastinya bakal terbayang dipikiran kita tulisan arab yang indah. kami bakal sedikit mengulas mengenai khat kaligrafi arab dengan bhs yang simpel. Khat yaitu bentuk, alur serta jenis huruf dari satu tulisan arab yang dikarang oleh beberapa khathat dari zaman dulu yang umumnya dari timur tengah. Mempunyai tujuan untuk memudahkan. memperindah dalam menulis serta membaca huruf arab.

Tetapi butuh diingat khat ini yaitu sebatas seni dari jenis huruf arab jadi bukanlah sisi dari agama. Oleh karenanya dalam menulis atau melukis kaligrafi arab tak harus mesti memakai khat yang dikarang atau di buat oleh seniman seniman terdahulu. Yang terutama dalam menulis serta melukis kaligrafi arab ini yaitu tak mengubah arti dari aturan huruf serta bhs arab. Jadi anda juga bisa berkreasi dengan huruf-huruf arab itu asal jangan pernah mengubah arti serta berarti.

Jadi jika anda menginginkan bikin atau menulis indah kaligrafi arab dengan mengambil kutipan dari Al-Qur’an serta Hadist, baiknya anda butuh mengerti makna dari kalimat yang bakal anda catat dalam kaligrafi arab itu hingga tak menyingkirkan atau memberi hurf yang bakal mengubah arti dari ayat itu. Dengan mengerti makna serta arti dari ayat-ayat yang kita catat, terkecuali bakal membuahkan karya yang indah mudah-mudahan kita bisa menerapkan dalam kehidupan keseharian sebagai penambahan amal serta beribadah kita.

Mengetahui khat kaligrafi arab, Ada bayak jenis khat yang sudah dibukukan oleh beberapa seniman kaligrafi, berikut ini saya cuma memberi sebagian contoh dari khat-khat kaligrafi arab itu salah satunya :

o KHAT KHAOUFI

Khat dari kaligrafi arab type ini banyak memakai penggaris untuk menulisnya lantaran beberapa besar hurufnya memakai garis lurus.



o KHAT NASKHI

khat kaligrafi arab jenis ini banyak dipakai untuk menulis kitab lantaran gampang di baca.



o KHAT RIQ’AH

Sepintas kaligrafi arab dengan khat ini nyaris sama juga dengan khat naskhi, tetapi apabila diamati terdapat banyak ketidaksamaan. tidak sama dengan raihani kaligrafi arab dengan khat ini banyak memberikan lengkungan pada setiap hurufnya, kha type ini banyak dipakai oleh seniman islam di Persia.



o KHAT DIWANI JALI

khat ini banyak juga disenangi seniman dari persia, apabila telah jadi kalimat terkadang sulit untuk membacanya.



o KHAT SULUSTS

khat ini banyak dipakai seniman kaligrafi arab dari asia lantaran hurufnya indah serta tidaklah terlalu susah untuk di baca.



o KHAT FARISI

dibutuhkan tangan yang terampil serta tak kaku lantaran banyak menarik garis semi lengkung yang panjang.



o KHAT DIWANI

khat diwani dalam kaligrafi arab tidak sering dipakai lantaran tidak cuma kalimat yang sulit dipahami hurufnya juga sulit di hafal.



Tersebut contoh sebagian khat dalam gambar kaligrafi arab yang dapat kita tekuni, tetapi untuk anda yang baru belajar baiknya memakai khat yang gampang dahulu seperti khat naskhi, khat riq’ah, serta tsulust sebelumnya anda berkreasi dengan bentuk yang lain.
adinu is offline   Reply With Quote
Sponsored Links