View Single Post
Old 21st June 2016, 02:55 PM   #1
Ketua RT
 
numpanglewat's Avatar
 
Join Date: 15 Feb 2016
Userid: 4855
Posts: 137
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Buat Anak Anda Gemar Membaca Dengan 5 Langkah Ini


Halo para pembaca setia, membaca merupakan hal yang harus dikuasai oleh semua orang. Mulai dari usia dini orang tua sudah mengajarkan anaknya membaca. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari membaca, yaitu bisa memperoleh ilmu sebanyak mungkin. Namun bagaimana cara mengajari anak agar gemar membaca? Oke, kita lihat 5 Tips di Bawah ini.

Orangtua mana yang tidak ingin anaknya gemar membaca? Buku adalah jendela dunia yang bisa mengantarkan anak untuk berpikir lebih luas dan memperoleh banyak pengetahuan sebanyak mungkin. Waktu yang tepat untuk mengajarkan anak agar gemar membaca adalah saat dini. Secepat mungkin anda mengajarkan kebiasaan ini, maka akan semakin besar kemungkinan anak anda akan gemar membaca pada saat ia besar nanti. Pada umumnya anak akan mulai menunjukkan preferensinya pada sekitar umur 6 tahun. Oleh karena itu, sejak ia balita kenalkanlah dan biasakan dia dengan buku setiap harinya.

Quote:
1. Bacakan Buku Setiap Hari

Bacakanlah buku kepada anak anda setiap hari, entah pada saat memiliki waktu luang, atau sedang mengajak anak bermain atau bahkan sebelum ia tidur. Membacakan buku merupakan langkah pertama yang krusial untuk memperkenalkan anak dengan buku. Jika dilakukan setiap hari maka anak akan menjadi terbiasa dan bahkan akan merasa sedih jika tidak dibacakan buku oleh orangtuanya.


2. Be Communnicative!
Pada saat membacakan buku kepada anak anda, pastikan bawakan cerita buku tersebut semenarik mungkin. Jika anda membacakan buku dongeng, maka bacalah dialog yang ada dengan sangat menarik. Anak akan sangat tertarik jika buku di bacakan dengan tidak monoton. Pada saat membaca, usahakan sangat komunikatif kepada anak. Contohnya, apakah ia masih ingat apa yang sebelumnya telah diceritakan, tanyakan karakter subjek dalam cerita, atau juga buatlah anak untuk menebak apa yang akan terjadi selanjutnya. Dengan begitu anak dapat merasa lebih menyatu dengan cerita seolah ia mengalaminya langsung dan yang paling penting adalah dapat meninggalkan kesan bahwa membaca buku itu sangat menyenangkan.


3. Hubungkan Kata-Kata dan Subjek dalam Buku dengan Lingkungan Sekitar
Jika anda menemukan hal dan nama yang sama dengan tokoh atau peristiwa yang terjadi di dalam buku yang telah anda bacakan, beritahukan padanya. Hal ini dilakukan supaya anak menyadari bahwa dengan membaca buku memiliki hubungan dengan kehidupan secara langsung. Ia juga akan sering teringat tiap kali ia menjumpai nama atau istilah yang tidak asing di telinganya ketika ia dibacakan buku oleh orangtuanya. Aktfitas ini dapat membantu anak untuk menyadari pentingnya membaca buku dan akan memotivasinya untuk membaca lebih banyak buku lagi.


4. Jadilah Contoh yang Baik
Orangtua adalah role model terdekat dan terpercaya bagi sang anak. Jika anda ingin anak anda gemar membaca, maka usaha ini harus dimulai dari diri anda sendiri. Rajinlah membaca! Akan menjadi lebih baik jika anda mengajak anak untuk membaca bersama sehingga pesan agar gemar membaca dapat tersampaikan dengan langsung dan baik. Dengan memberi contoh yang baik maka anak akan menerapkannya dengan segera tanpa berpikir jauh. Apabila anda memang gemar membaca, buatlah waktu khusus untuk membaca secara rutin. Langkah ini dapat menyampaikan pesan kepada anak bahwa membaca untuk penting untuk dilakukan secara teratur dalam kehidupan sehari-hari.Perlahan tapi pasti jika anda rajin dalam melaksanakan poin-poin sebelumnya, anak anda akan menyadari pentingnya dekat dengan buku melalui membaca.


5. Belikan Berbagai Macam Buku
Belikanlah berbagai jenis buku, dimulai dari buku dongeng, buku pengetuahuan, buku kesehatan, dan lain-lain sebagai ajang untuk menunjukkan bahwa buku itu tidak sempit, melainkan memiliki banyak genre yang sangat mengasikkan.

Mengajarkan kepada anak akan pentingnya membaca memang tidak mudah. Dibutuhkan kesabaran dan konsistensi yang dilakukan terus-menerus supaya anak menjadi sadar dan ‘melek’ akan pentingnya membaca. Banyak sekali hal positif yang dapat diperoleh ketika anak anda gemar membaca. Oleh karena itu orangtua harus berusaha ekstra keras supaya anak bisa menjadi lebih berkembang melalui membaca dan menjadi orang yang berpengetahuan luas ke depannya.

Taukah Anda? Setiap anak membutuhkan sistem pendidikan yang berbeda. Temukan sistem pendidikan terbaik yang cocok untuk anak Anda di sini.
Bagaimana, mudah bukan tips mengajari anak gemar membaca. Bila ada tips lainnya jangan lupa berbagi ya. Sampai bertemu di artikel selanjutnnya. Semoga bermanfaat!

Last edited by numpanglewat; 21st June 2016 at 02:57 PM..
numpanglewat is offline   Reply With Quote
Sponsored Links