Thread: Mengenal Tang
View Single Post
Old 22nd June 2016, 12:07 PM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 29 Jul 2015
Userid: 4127
Posts: 87
Likes: 0
Liked 3 Times in 3 Posts
Default Mengenal Tang

Tang adalah alat yang digunakan untuk mencengkram atau memegang komponen yang akan di buka dengan cara diputarkan bagiannya. Tang ini juga dapat digunakan untuk mengencangkan atau melonggarkan mur dan baut tetapi tidak dianjurkan untuk penggunaan tersebut karena kekuatan cengkraman Tang tidak sekuat cengkrama Kunci Pas dan kunci kunci yang lainnya.

Kontruksi Tang
Tang terbuat dari baja tensil tinggi sehingga Tang sangat kuat ketika dipukulkan pada benda kerja seperti mur dan baut. Dan jika terpaksa Tang juga bisa digunakan untuk memukul benda benda yang keras seperti paku yang melengkung dan lain lain.
Jenis–Jenis tang dan kegunaannya:
Bentuk dan jenis tang beragam. Namun umumnya hanya terbagi atas tiga jenis, yaitu
• Tang pemotong (cutting pliers) : Kedua bagian kepala atas dan bawah (rahang) tajam. Tang ini cocok untuk memotong kawat dan kabel.
• Tang penjepit (Clamp pliers): Memiliki rahang yang bergerigi sebagi capitan. Biasanya gerigi ini sangat rapat dengan ujung rahang runcing. Ini untuk menjangkau celah yang kecil.
• Tang pengunci (Clocking Pliers): Rahang bergerigi yang renggang agar tak licin ketika pengencangan baut.
Macam-macam Tang yang ada:
• Tang Pengelupas Kabel (Crimping Plier Tool Kit) / Tang penjepit kabel, Jika Anda sedang mengerjakan instalasi kabel listrik, tang ini dapat membantu. Bagian rahang sebagai penjepit kabel. Di bawah rahang yang tajam sebagai pemotong kabel. Di gagang yang bergerigi untuk mengelupas kabel.
• Tang Pemotong (cutting pliers), Memiliki rahang tajam. Fungsinya untuk memotong kawat, kabel plastik, dan fiber tipis. Bahannya dari besi chrome vanadium. Gagangnya dilapis plastik. Kelemahan, tidak mampu memotong ukuran bidang yang besar atau tebal.
• Tang Cucut (Long Noise Plier), Bentuknya mirip ikan cucut: moncong pipih, panjang, dan berbentuk gergaji. Sebab itu, tang ini dikenal sebagai “tang cucut”. Berfungsi sebagai penjepit kawat atau kabel. Namun Anda dapat memanfaatkan bagian dalam rahang yang tajam sebagai pemotong kabel.
• Tang Kombinasi (Multi Purpose Plier), Ujung rahang yang bergerigi rapat, untuk menjepit kawat atau kabel. Di tengahnya, bagian yang bergerigi renggang, untuk mengunci mur. Rahang tajam sebagai pemotong kawat dan kabel. Kelemahannya, jika celah antar rahang berkarat akan berakibat macet.
• Tang Kakatua (Tower Pincer), Dikenal sebagai “tang kakatua” karena bentuknya mirip paruh burung kakatua. Fungsinya sebagai pemotong kawat dan kabel. Terbuat dari baja dan bergagang lapis karet untuk menjaga agar tak licin ketika digunakan. Kelemahannya, jika tang digunakan untuk memotong bahan yang tebal dan keras dapat menjadi tumpul.
• Tang Buaya (Locking Plier Tool Kit), Sekilas bentuknya mirip buaya: moncongnya besar, lebar, dan bergerigi. Maka tang ini dikenal dengan sebutan “tang buaya”. Rahangnya yang bergerigi untuk mengunci dan melepas baut. Jika ukuran baut besar, tang dapat diatur sesuai ukuran baut. Carannya, lebarkan kedua tungkai, lalu kunci dengan sekrup pengatur sekaligus pengunci yang ada di ujung atas tungkai. Jika ingin mengubahnya lagi, Anda cukup melepaskan tuas di bagian tungkai bawah. Kelemahannya, sekrup pengatur dan pengunci agak keras. Ini karena drat mur dan baut terlampau dalam.
• Tang Multifungsi (Multi Purpose Plier Kit), Mirip dengan tang kombinasi: ada rahang sebagai pemotong dan penjepit. Yang beda, tang ini memiliki kelengkapan fungsi lain. Di gagangnya terdapat pisau, gergaji, obeng, pembuka tutup botol, dan pembuka tutup makanan kaleng. Jadi, satu tang ini memiliki banyak kegunaan. Kelemahannya, bagian kelengkapan di gagang mudah kendur atau patah.
__________________
Toprankindonesia.com | cari kursi kantor |
rank123 is offline   Reply With Quote
Sponsored Links