View Single Post
Old 30th June 2016, 11:23 PM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 14 Dec 2013
Userid: 1623
Posts: 100
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Talking Yuk bikin kue cubit khas bandung ...



Gemar makanan ringan yang sehat menahan lapar?. Cocok untuk menurunkan berat badan. Sajian kue cubit untuk camilan dikala santai bersama keluarga ini memang sedang banyak diminati, selain murah harganya, bagi anda yang sedang dirumah menyiapkan kue untuk keluarga, dapat mencobanya dengan berkreasi sendiri.

Kue cubit banyak rasa yang dapat disajikan sesuai selera. Kue cubit termasuk jenis kue tradisional yang dikembangkan sehingga semakin menarik walau tidak meninggalkan cita rasa yang asli sebuah kue cubit. Bagaimana cara membuatnya kue cubit?. Apa saja kandungan gizinya?. Mari kita bahas dalam artikel tentang hidup sehat berikut ini.

Seperti apa kue cubit itu?


Mendengar namanya jadi ingin tertawa sendiri. Apa kue itu keluar ketika kita mencubit seseorang? Hal itu pasti tidak mungkin. Kue cubit ini merupakan salah satu jajanan khas tradisional Bandung. Dan cukup popular bukan hanya di Bandung, tapi juga di Jakarta. Rasa yang manis dan taburan mesies diatasnya menjadi ciri khas si kue imut, kue cubit. Orang bandung memang sudah tidak asing mengenal betul kue cubit.

Saat ini kue cubit menjadi semakin populer karena telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan sentuhan tangan-tangan kreatif sehingga baik rasa maupun tampilan bentuk dan warna-warninya tak kalah menarik dengan kue-kue basah modern lainnya.

Bahan dasar utama untuk membuat kue yang satu ini adalah tepung terigu dan juga susu. Pada proses pembuatannya ada 2 macam, kue cubit setengah matang dan matang. Yang setengah matang ini justru malah banyak penggemarnya. Mungkin teksture yang lembut dan melumer di mulut ini lah yang menjadi daya tarik penggemar.

Adapun bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat adonan dasar kue cubit :

3 butir telur
100 gram gula pasir
100 gram tepung terigu
100 gram margarin, lelehkan
1 bungkus vanili bubuk
sdt soda kue
sdt baking powder
keju parut dan coklat meses secukupnya

Langkah pembuatannya sebagai berikut :

Siapkan wadah lalu masukkan telur dan gula pasir, kocok hingga mengembang serta gulanya menjadi larut. Gambar di atas merupakan hasil kue cubit yang dikocok tanpa mixer, tetapi bisa juga menggunakan mixer untuk lebih mudah dan cepat mengembang.

Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan aduk hingga rata. Tuang margarin cair, aduk rata dan kemudian masukkan soda kue, baking powder dan vanili bubuk. Setelah adonan rata, masukkan adonan ke dalam wadah yang ada mulutnya seperti teko atau gelas takar agar adonan lebih mudah saat dituangkan ke dalam cetakan.

Panaskan cetakan kue cubit di atas api kecil yang terlebih dahulu diolesi sedikit margarin. Setelah panas, tuang adonan dengan volume setengah cetakan lalu tutup.

Saat adonan sudah setengah matang dan mengembang, taburi dengan keju atau coklat meses lalu tutup dan teruskan memanggang hingga matang serta bagian bawah kuenya sedikit berwarna kecoklatan. Keluarkan dari cetakan lalu sajikan dan jika memiliki sisa keju parut dan di taburi di atas kue cubit supaya lebih yummy.
ajivets is offline   Reply With Quote
Sponsored Links